nusabali

Hujan Angin Pohon Bertumbangan

  • www.nusabali.com-hujan-angin-pohon-bertumbangan

MANGUPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Badung, menyebabkan sejumlah pohon bertumbangan pada Senin (4/1).

Di Nusa Dua, pohon kepuh tumbang dan menutup Jalan Pantai Bengiat, Nusa Dua. Beruntung tak ada korban jiwa. Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung dr Ni Nyoman Ermy Setiari, mengatakan hujan angin yang melanda wilayah Badung pada Minggu (3/1) malam hingga Senin pagi, mengakibatkan pohon tumbang di kawasan Kuta Selatan. Dari laporan yang diterima, pohon tumbang di Jalan Pantai Bengiat yang beralamat di Lingkungan Peminge, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan. Pohon kepuh berukuran panjang 10 meter dengan diameter 50 cm, itu tumbang dan menutup akses jalan.

“Peristiwa pohon tumbang itu terjadi pada Senin pagi pukul 05.30 Wita. Penyebabnya angin kencang dan hujan deras, sehingga pohon tumbang,” kata dr Ermy Setiari.

Setelah mendapat laporan, personel BPBD Badung langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan. Pasalnya, pohon tumbang menutup akses jalan menuju kawasan ITDC serta menimpa kabel listrik. Personel yang dikerahkan ke lokasi memotong pohon sekitar pukul 08.00 Wita dan selesai pukul 09.00 Wita. Setelah tertangani, akses menuju kawasan ITDC sudah bisa normal. “Penanganan sekitar satu jam saja. Kemungkinan pohon yang tumbang sudah lapuk. Syukur tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Di tempat terpisah, pohon santen tumbang di Jalan Tegal Wangi, Kelurahan Jimbaran. Pohon yang tumbang juga menutup akses jalan menuju Pura Tegal Wangi. Pohon sepanjang 5 meter dengan diameter 30 cm, itu tumbang sekitar pukul 06.00 Wita.

Manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kuta Ida Bagus Surya Respati, mengatakan setelah menerima informasi telah terjadi pohon tumbang langsung berkoordinasi oleh BPBD Badung untuk bersama-sama turun ke lokasi. Sebab bencana pohon tumbang mengakibatkan kabel listrik tertarik dan dua unit tiang tumbang. “Kabel memang ada yang tertimpa pohon, namun kami tangani. Pasokan listrik tidak terganggu,” kata Respati. *dar

Komentar