nusabali

Simpatisan Lanjutkan Kegiatan Positif, Tetap Tuntut Bebaskan Jerinx

  • www.nusabali.com-simpatisan-lanjutkan-kegiatan-positif-tetap-tuntut-bebaskan-jerinx

DENPASAR, NusaBali.com
Kasus musisi I Gede Aryastina alias Jerinx terkait tuduhan ujaran kebencian pada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah divonis 1 tahun 2 bulan penjara.

Kendati demikian, dukungan pada suami Nora Alexandra ini terus berjalan. Simpatisan drummer Superman Is Dead yang akrab disapa JRX terus bersolidaritas melalui kegiatan-kegiatan positif seperti kegiatan bagi-bagi pangan ataupun bersih-bersih lingkungan.

Salah satunya seperti yang dilakukan sejumlah simpatisan JRX yang menyebut diri mereka ‘Aliansi Kami Bersama JRX’. Mengawali tahun baru 2021, mereka melakukan kegiatan bersih-bersih di Pantai Perancak, Berawa, Tibubeneng, Kabupaten Badung. Kegiatan yang dilakukan mulai pukul 16.00 Wita tersebut memunguti sampah yang mengotori areal pantai.

Ridwan, salah seorang simpatisan yang hadir mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai tersebut menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara spontan. “Ketika menanti pergantian tahun ada kawan yang mengajak mengisi awal tahun dengan kegiatan bersih-bersih pantai, langsung saja saya mengiyakan karena seperti kita ketahui banyak masyarakat yang melewati pergantian tahun di pantai yang kadang menyisakan sampah keesokan harinya. Sayapun mengumpulkan kawan lainnya untuk ikut berpartisipasi. Berharap apa yang kami lakukan dapat semakin menyadarkan masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan dan bijak dalam menyampah,” ujarnya.

Agus Susanta, warga Desa Tibubeneng, Canggu yang sore itu juga mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai juga menyampaikan ucapan terima-kasihnya untuk kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan di Pantai Perancak tersebut. “Kami sebagai warga setempat mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kawan-kawan dari Aliansi Kami Bersama JRX yang telah menginisiasi kegiatan bersih-bersih pantai ini, semoga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan serta dapat menginspirasi komunitas lainnya untuk dapat melakukan kegiatan yang serupa,” harapnya.

Sementara itu Made Krisna Dinata, Humas Aliansi Kami Bersama JRX yang ikut serta pada kegiatan tersebut menyampaikan kegiatan yang mereka lakukan adalah cara membentuk moralitas untuk terus melakukan hal-hal baik dalam menapaki tahun yang baru dimana hal ini sering dilakukan oleh JRX.

Krisna juga menambahkan keterangan terkait proses banding dalam kasus JRX. Seperti telah diketahui bahwa pihak kuasa hukum telah mengajukan kontra memori banding berharap agar hakim Pengadilan Tinggi Denpasar yang memeriksa banding perkara JRX bisa memberikan tanggapan yang positif agar dapat membebaskan JRX. “Sosok JRX akan lebih bermanfaat bila ia diluar penjara, kegiatan-kegiatan sosial dan semangat menjaga lingkungan akan terus menggeliat bila ia berada diluar penjara, sehingga sudah selayaknya JRX dibebaskan,”tegasnya.

Selain itu kegiatan bersepeda ‘Ride For Jrx’  XII kembali diadakan pada Minggu (3/1/2021) lalu. Kegiatan kali ini diramaikan oleh puluhan pesepeda dari Aliansi Kami Bersama JRX, Masyarakat Nusantara Sehat (Manusa), Komunitas Sepeda Murder Cycles, Front Demokrasi Perjuangan Rakyat (Frontier Bali), serta masyarakat umum. Selain bersepeda, mereka juga membagikan 350 lebih nasi bungkus di tiga titik yang berbeda.

Para pesepeda mulai dari Jalan Retda Reta, Yang Batu Kauh, Denpasar menuju titik pertama pembagian nasi bungkus di depan Masjid Al – Iklhas Jalan Gunung Batu Karu, Monang Maning, Denpasar. Lalu meneruskan perjalanan ke titik ke-2 di Jembatan Jalan Gajah Mada, Denpasar, dan melanjutkan ke titik terakhir di Jalan Surapati Denpasar, sebelah selatan Lapangan Puputan Badung.  

Wayan Sudiana selaku koordinator acara menjelaskan bahwa selain melakukan kegiatan bersepeda menikmati indahnya kota Denpasar, juga membagikan nasi bungkus gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Lebih lanjut, ia menambahkan, nasi bungkus berasal dari donasi kawan-kawan yang bersolidaritas dengan JRX SID. “Donasi berasal dari Kawan-Kawan yang simpati terhadap Jrx,” tuturnya.


Natri Krisnawan, Sekjen Frontier Bali mengatakan bahwa banyak keteladanan yang bisa diambil dari sikap JRX, seperti kegiatan bersepeda untuk mengurangi polusi udara dan kegiatan sosial yang dilakukan JRX, patut dijadikan panutan. “Seperti yang kita ketahui di era pandemi ini, Jrx konsisten bagi-bagi pangan untuk masyarakat yang membutuhkan. Bahkan pada saat JRX di dalam penjara sekali pun ia juga menekankan nilai kemanusiaan itulah yang terus disuarakan oleh simpatisan JRX,” ujarnya.

Sementara itu istri Jerinx, Nora Alexandra, juga terlihat sering mengikuti kegiatan-kegiatan sosial terkait dukungan simpatisan pada Jerinx. “Terima kasih untuk kawan-kawan yang selalu mendukung suami saya lewat kegiatan-kegiatan positif ini,” tuturnya.*cla

loading...

Komentar