nusabali

Romantic Hill, Objek Wisata Dibangun Karena Pandemi

  • www.nusabali.com-romantic-hill-objek-wisata-dibangun-karena-pandemi

SEMARAPURA, NusaBali
Kabupaten Klungkung punya objek wisata Romantic Hill (bukit romantis).

Lokasinya di Lingga, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan. Objek ini dibangun sejak April 2020  untuk membuka lapangan pekerjaan di tengah banyak warga kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19.

"Begitu ada pandemi Covid-19, banyak warga kami jadi pengangguran. Muncul ide bersama, lahan yang puluhan tahun tidur ini kami tata berkonsep kawasan," ujar Perbekel Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa, Minggu (3/12).

Kata dia, Bukit Lingga terkenal dengan pemandangan bukit dan lautnya yang indah, terutama saat matahari tenggelam.

Di samping pemandangan dari atas bukit, lokasi ini jauh dari keramaian dan berada di lahan hijau. Suasana ini membuat udara di tempat tersebut segar dan layak dijadikan tempat rekreasi.

Sudarmawa mengungkapkan, tanah di lokasi itu milik sejumlah warga sehingga dbuatkan pengaturan kawasan. Warga yang memiliki lahan di tempat tersebut diminta membuat objek penunjang pariwisata. Pengaturan ini oleh desa. Dengan cara itu, lahan yang dimiliki warga ini menjadi satu kesatuan dengan kawasan Romantic Hill.

Pengelolaan objek oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Keuntungan dari pengelolaan dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan desa.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sempat menengok langsung lokasi tersebut, sangat antusias dengan gagasan dari Desa Dawan Kaler. Karena, di tengah perekonomian masyarakat yang jatuh akibat pandemi, Desa Dawan Kaler dapat mengembangkan potensi desa untuk membuka lapangan kerja bagi warganya.

Selain pemandangan yang indah di lokasi tersebut juga ada sejumlah Spot foto yang menarik seperti perahu. Ada juga Ayunan dan Taman. Bupati berharap Romantic Hill terus dikembangkan. Masyarakat diimbau untuk mencoba jalan-jalan ke lokasi tersebut. Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta juga sempat mengunjungi objek tersebut. *wan

Komentar