nusabali

Penyeberangan Sanur-Nusa Penida Ramai Saat Libur Nataru

  • www.nusabali.com-penyeberangan-sanur-nusa-penida-ramai-saat-libur-nataru

DENPASAR, NusaBali
Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19 (Virus Corona), namun jumlah penumpang di Pelabuhan Sanur, Denpasar mengalami peningkatan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Peningkatan ini mencapai 50 persen dibandingkan saat hari biasa di masa pandemi. Kepala Syahbandar Wilayah Kerja Sanur, Tonny E Bokty, saat dihubungi, Minggu (3/1) mengatakan jumlah penumpang paling ramai terjadi pada 28 dan 29 Desember 2020. Sementara untuk peningkatan penumpang terjadi sejak 23 Desember 2020. "Rata-rata memang ada peningkatan dari biasanya. Tapi jika dibandingkan tahun lalu jelas yang tahun lalu lebih banyak peningkatannya," jelasnya.

Untuk saat ini, wisatawan yang melakukan penyeberangan ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan didominasi wisatawan domestik. Sisanya merupakan wisatawan lokal, warga yang akan bersembahyang serta wisatawan asing yang memang telah tinggal di Bali. Sementara itu, untuk arus balik telah dimulai sejak, Sabtu (2/1) hingga hari ini (kemarin). "Sore biasanya banyak yang balik. Apalagi besok sudah mulai kerja seperti biasa," ungkapnya.

Dalam sehari rata-rata sebanyak 13 boat beroperasi untuk mengangkut penumpang. Untuk cuaca, menurutnya rata-rata cukup bagus. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan kapten kapal dan pelabuhan tujuan untuk memastikan kondisi gelombang. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan BMKG di mana acuan dari BMKG itu nantinya menentukan apakah boleh tidaknya dilakukan perjalanan.

Mengingat saat ini sedang dalam masa pandemi, pihak syahbandar juga sudah menerapkan serta menyiapkan protokol kesehatan (prokes) demi kenyamanan penumpang. Sebab, kondisi Covid-19 di Kota Denpasar masih fluktuatif, sehingga penumpang perlu lebih waspada lagi.

"Tetap kami imbau kepada warga yang datang ke Pelabuhan Sanur ini, baik itu calon penumpang, pengantar maupun pengunjung yang berada di sekitar pelabuhan agar tetap mengindahkan 3M sebagai pencegahan penyebaran Covid-19," tandasnya. *mis

Komentar