nusabali

Wabup Suiasa Sidak Penanganan Sampah Kiriman di Pantai Kuta

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-sidak-penanganan-sampah-kiriman-di-pantai-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Fenomena angin barat mengakibatkan sampah kiriman menepi di pesisir pantai di Kabupaten Badung.

Wilayah paling terkena dampak sampah kiriman yang didominasi plastik tersebut yakni Pantai Kuta, Legian, dan Seminyak. Pemkab Badung pun harus berjibaku dalam mengatasinya. Bahkan, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa meninjau langsung kondisi di lapangan, Minggu (3/1) pagi. Wabup Suiasa didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung I Wayan Puja dan perangkat kelurahan setempat. Wabup Suiasa juga ikut terlibat dalam membersihkan sampah kiriman yang membeludak. Gerakan bersih-bersih pantai, itu melibatkan ratusan personel serta puluhan armada truk untuk pengangkutan.

“Pemantauan ini guna melihat secara langsung kondisi sampah yang ada di pantai serta efektivitas petugas kebersihan yang dikomando Kadis LHK,” katanya.

Wabup Suiasa mengatakan sampah kiriman ini merupakan kondisi yang terjadi setiap tahun, ketika angin barat sudah mulai datang. Kondisi ini biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga Maret. “Rentang bulan tersebut (Oktober hingga Maret, Red), sampah kiriman berasal dari laut dibawa ombak ke pesisir. Untuk itu kita perlu penanganan ekstra, baik dari segi SOP, penyiapan SDM, sarana prasarana, dari segi waktu juga harus efektif,” ujarnya.

Wabup Suiasa juga memerintahkan Dinas LHK agar mempolakan petugas yang bekerja. “Petugas juga diberi batasan bentang wilayah yang ditangani, sehingga ada tanggung jawab yang pasti. Sementara itu, untuk sarana akan ditambah armada beach cleaner. Hingga kini baru ada sebanyak empat unit dan akan ditambah menjadi sepuluh secara bertahap,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Badung, itu.

Dalam upaya memaksimalkan penanganan sampah kiriman, Wabup Suiasa juga meminta partisipasi dari seluruh elemen masyarakat, pengusaha untuk ikut bergotong-royong melakukan pembersihan sampah pantai. “Kami mengetuk hati semua pihak mari kita bersama-sama berpartisipasi menangani sampah ini. Kami di Pemkab Badung sudah berupaya semaksimal mungkin, tentu dengan kondisi kedaruratan ini butuh dicover juga oleh pihak-pihak lain,” katanya.

Kadis LHK Badung I Wayan Puja, menambahkan penanganan sampah sudah dilakukan maksimal. Tidak hanya di sepanjang Pantai Kuta, Legian, dan Seminyak, namun juga di pantai lainnya seperti Pantai Jimbaran dan Kedonganan.

Menurutnya, sampah kiriman ini sudah berlangsung sejak seminggu belakangan. Khusus di Pantai Samigita (Seminyak, Legian, Kuta), dikerahkan sebanyak 200 tenaga kebersihan. Mereka dibantu pula oleh masyarakat sekitar dan kalangan perusahaan di kawasan tersebut. “Sekarang kondisinya sudah lebih sedikit dibandingkan dua hari yang lalu. Memang kita harus kerjakan secara ekstra untuk menangani sampah ini,” kata Wayan Puja. *ind

Komentar