nusabali

Coki Optimistis Lolos Kualifikasi Olimpiade

  • www.nusabali.com-coki-optimistis-lolos-kualifikasi-olimpiade

DENPASAR, NusaBali
Karateka Bali Cokorda Istri Agung Sanistyarani optimistis mampu lolos Olimpiade Jepang.

Keyakinan itu setelah dirinya melihat peluang dan potensi di kategori Kumite Putri kelas -55kg, yang jadi nomor spesialisasinya. Namun sebelum itu ada tiga tahapan kejuaraan yang harus diikuti. Jadi nanti ada empat kejuaraan yang wajib diikuti untuk lolos ke Olimpiade Jepang 2021.

"Jadwal kualifikasi sudah ada, pencarian peringkat tiga kali di tiga negera berbeda. Kualifikasi resmi digelar di Prancis," kata karateka yang akrab disapa Coki itu, Minggu (3/1).

Sedangkan kejuaraan yang harus diikuti, kata Coki,  yakni di Portugal pada Februari, dan di Dubai pada Maret, lalu di Maroko pada April. Kejuaraan itu sangat menunjang untuk peringkat atlet di dunia. Pada akhirnya kualifikasi Piala Dunia pada Mei di Prancis yang akan menentukan atlet ke Olimpiade. Untuk itu, Coki bertekad mengikuti semua kejuaraan yang ditetapkan.

"Persaingan kami akui sangat ketat. Apalagi sudah ada lima negara yang lolos Olimpiade, yakni tuan rumah Jepang, China Taipe, Turki, Iran, dan Ukrania. Khusus Jepang karena dapat wild card, dan karateka lainnya sudah membuktikan prestasi selama ini," kata Coki.

Menurut Coki, nantinya akan ada  10 negara berebut tiket Olimpiade. Saat ini jatahnya tinggal tersisa lima atlet dari lima negara berbeda. Coki memprediksi, persaingan akan pasti ketat. Namun Coki yakin mampu melewati semua tahapan.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov FORKI Bali, Ketut Rochineng memiliki keyakinan pada Coki untuk tampil di SEA Games Vietnam dan Olimpiade di Jepang. Apalagi Coki satu-satunya atlet Bali yang ada di Pelatnas dan sampai saat ini masih menjadi yang terbaik di Indonesia. "Kami memang sangat bertumpu dengan Coki. Ibarat ayam, ini betet atlet karate Bali. Satu - satunya harapan untuk FORKI Bali. Makanya FORKI Bali akan siap memberikan suport betul. Dan, yakin lolos Olimpiade," terang Rochineng.

Namun rival Coki nanti datang dari negara Eropa, Rusia, dan Jepang. Selama ini mereka memang atlet unggulan di dunia. Coki saat ini di rangking 14 dunia di kelas -55 kg putri. *dek

Komentar