nusabali

Kapolres Jamin Gianyar Tetap Kondusif

  • www.nusabali.com-kapolres-jamin-gianyar-tetap-kondusif

GIANYAR, NusaBali
Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana mengklaim dalam kurun waktu setahun terakhir atau selama tahun 2020, wilayah hukum Polres Gianyar aman, tertib dan kondusif.

Hal ini dilihat dari beberapa penurunan angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas. "Tidak serta merta hanya peran Polres Gianyar. Tapi seluruh stakeholder. Termasuk peran serta seluruh masyarakat Gianyar," ungkapnya saat rilis akhir tahun, Kamis (31/12).

Dibandingkan tahun 2019, tren data kriminalitas dan lakalantas mengalami penurunan di tahun 2020. Pandemi Covid-19, turut berperan karena aktivitas masyarakat mengalami penurunan. Namun demikian, tindak pidana pencurian masih menjadi atensi sebagai dampak dari macetnya roda perekonomian.

Tercatat, tahun 2.200 jumlah tindak pidana sebanyak 208. Sedangkan tahun sebelumnya sebanyak-banyaknya 242 kasus. "Yang bisa diselesaikan sebanyak 185 kasus. Ada tren penurunan 14,4% jumlah kasus dari tahun sebelumnya," jelasnya. Dari ratusan kriminalitas ini, kejadian yang sering muncul antara lain pencurian dengan pemberatan 32 kasus, pencurian dengan kekerasan 3 kasus, dan curanmor 12 kasus. Yang bisa diselesaikan 27 curat, 2 curas dan 9 curanmor," jelasnya.

Selain itu, Polres Gianyar selama setahun juga menangani 30 kasus narkotika, yang 28 diantaranya selesai. "Dua masih proses penyidikan," jelas perwira asal Desa Satra, Klungkung ini. Untuk lakalantas, mengalami penurunan signifikan. "Di Tahun 2020 ada 260 lakalantas. Menurun drastis dari tahun sebelumnya yang mencapai 551 kecelakaan," jelas Kapolres.

Dari jumlah kejadian di tahun 2020, kasus tuntas sebanyak 232 kecelakaan dengan 64 korban meninggal dunia, 4 luka berat dan 350 luka ringan. "Pelanggaran yang ditindak juga turun. Yakni 14.656 di tahun 2020," jelas AKBP Dewa Adnyana.

Di samping itu, Polres Gianyar juga melaksanakan dua operasi yakni Aman Nusa kaitan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dan Ops Lilin rangkaian Hari Raya Natal Tahun Baru 2021. "Kami ada pospam di simpang Monkey Forest Ubud dan pospol Batubulan serta satu pos pelayanan di Masceti," imbuhnya. Termasuk Polres Gianyar melakukan pengawasan malam tahun baru di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan. Beberapa tempat yang disambangi polisi saat malam tahun baru diantaranya, alun-alun Gianyar, sepanjang pantai wilayah Gianyar, restoran, pasar, objek wisata, tempat melukat Tirta Empul. "Sebelumnya 30an tempat hiburan di Gianyar sudah sepakat tutup saat malam tahun baru. Kita juga atensi dimanapun ada kerumunan. Kita imbau dengan tiga bahasa, Inggris Indonesia Bahasa Bali. Sehingga kita berusaha bubarkan dengan santun. Hanya jika ada yang bandel, kita serahkan ke Pol PP agar ditindak berupa denda pelanggaran prokes," imbuh Wakapolres Kompol Nyoman Wirajaya. *nvi

loading...

Komentar