nusabali

Prof Gaga Partama, Mantan Dekan Fakultas Peternakan Unud Berpulang

  • www.nusabali.com-prof-gaga-partama-mantan-dekan-fakultas-peternakan-unud-berpulang

GIANYAR, NusaBali
Kabar duka bagi civitas academica Universitas Udayana. Prof Dr Ir Ida Bagus Gaga Partama MS, 61,  meninggal dunia pada Kamis (31/12).

Sosok murah senyum yang menjadi Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) Unud periode 2011-2019 ini meninggalkan Ida Ayu Nyoman Saskara, istri yang dinikahinya tahun 1987 serta dua orang putri yakni Ida Ayu Ary Pramita dan Ida Ayu Citra Pratiwi.

IB Gaga Partama lahir di Gianyar pada 12 Maret 1959. Dia adalah putra sulung dari pasangan Ida Bagus Suta (alm) dan Desak Made Geriya (alm).  IB Gaga memiliki enam adik yakni Ida Bagus Gaga Adi Saputra, Ida Ayu Eka Puspita, Ida Ayu Ketut Bintang, Ida Ayu Putu Nilawati. Ida Bagus Gaga Pujangga, dan Ida Ayu Nyoman Armini.

IB Gaga mulai masuk Sekolah Dasar tahun 1967 di SD 1 Gianyar. Tahun 1971 pindah sekolah ke Bondowoso Jawa Timur ikut bersama pamannya Ida Bagus Tapa yang merupakan seorang anggota Brimob. Pada tahun 1972, Gaga kecil kembali ke Bali karena sang  paman pindah tugas ke Polda Bali. Dia menempuh pendidikan  di SD Markandeya pada tahun 1972.

Kemudian pada tahun 1973 masuk SMP Negeri 1 Gianyar. Tahun 1976 melanjutkan di SMA Negeri Ginyar. “Bulan September 1979 saya diterima sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) Universitas Udayana. Tahun 1984 saya menyelesaikan studi di FKHP Unud sebagai seorang sarjana peternakan,” kata IB Gaga dalam laman Udayana Networking

Selanjutnya pada 1986, IB Gaga diterima sebagai Asisten Dosen pada Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Kemudian tahun 1990 IB Gaga melanjutkan studi ke Program Pascasarjana (PPs) Institut Pertanian Bogor (IPB), dan memperoleh gelar master pada tahun 1993. “Tahun 1996 saya melanjutkan program doktor di PPs IPB Bogor dan tamat tahun 2000,” ujarnya.

Hebatnya, pendidikan PPs diraih dengan predikat cum laude (Indek Prestasi Akademik 4,0). Adapun judul disertasinya adalah Kebutuhan Energi dan Protein Kambing Peranakan Ettawah Calon Pejantan.

Selanjutnya pada 2003, Gaga  diangkat oleh Rektor Universitas Udayana sebagai Pembantu Dekan I (PD I) Bidang Pendidikan pada Fakulktas Peternakan Universitas Udayana. Tahun 2007 diangkat kembali sebagai PD I hingga tahun 2011. Selanjutnya pada tahun 2011 diangkat oleh Rektor Unud sebagai Dekan Fakultas Peternakan selama dua periode yaitu 2011-2015 dan 2015-2019.

Selanjutnya berkat anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan hasil kerja keras serta bertugas dengan hati yang tulus akhirnya Gaga Partama diangkat oleh negara melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebuyaan Republik Indonesia sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak pada Fakultas Peternakan Universitas Udayana terhitung mulai 1 Desember 2019.

Kepergian Prof Gaga Partama meninggalkan duka dan kesan di lini masa sejak Kamis (31/12). Di hari terakhir tahun 2020 ini sejumlah mahasiswa mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya sang guru besar.

“Terima kasih untuk semua kebaikan, ilmu, bimbingan, nasehat,dan waktunya untuk saya  selama menjadi mahasiswa S2.  Dumogi amor ing acintya. Untuk keluarga agar diberikan ketabahan,” begitu salah satu cuitan netizen.*mao

Komentar