nusabali

Pengunjung Perpustakaan Online Meningkat

  • www.nusabali.com-pengunjung-perpustakaan-online-meningkat

SEMARAPURA, NusaBali
Kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Daerah di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, menurun drastis di tengah pandemi Covid-19.

Sebaliknya, kunjungan melalui akses online meningkat. Data dihimpun, Selasa (30/12) pgi, kunjungan secara langsung ke Perpustakaan Daerah Klungkung dalam 6 bulan terakhir 233 orang. Mereka yakni 198 anggota perpustakaan dan 35 orang non anggota. Kunjungan akses internet dalam tiga bulan terakhir 774 orang, yakni Oktober (akses internet) Oktober 71 orang, November 392 orang dan Desember 311 orang.  

Persoalannya kini, koleksi buku digital masih sedikit. Setidaknya dari 3.738 judul buku yang sudah discan menjadi buku digital, baru 7 buku (konten digital).

"Ke depan akan terus kami tambah, tentu tetap mengacu legalitas dari buku itu sendiri," ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, didampingi Fungsional Pustakawan Rees Jati Prakasa, di Klungkung, Selasa (30/12) pagi.

Kata dia, kunjungan menurun di tengah pandemi. Pengunjung langsung wajib melakukan protokol kesehatan, dengan pemeriksaan suhu tubuh, pakai masker, dan cuci tangan.

Mantan Camat Klungkung ini menambahkan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, mobil keliling akan dilengkapi wifi, termasuk menempatkan buku di desa wisata. "Di ruang baca perpustakaan kami siapkan komputer, scanner dan printer," katanya. *wan

loading...

Komentar