nusabali

PDIP Masih Dominan, Golkar-Gerindra Menyusul

Survei SMRC, PT 4 Persen Hanya 5 Parpol Lolos Senayan

  • www.nusabali.com-pdip-masih-dominan-golkar-gerindra-menyusul

Sementara untuk survei elektabilitas calon presiden (Capres) 2024, SMRC merilis jika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ada di atas nama-nama lainnya.

JAKARTA, NusaBali
PDIP masih jadi partai dominan di survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Gerindra dan Golkar menyusul di belakang 'si banteng moncong putih'. Hasil survey menunjukkan jika parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen yang berlaku saat ini adalah 4persen, maka hanya ada 5 partai saja yang lolos ke DPR RI (Senayan).

SMRC melakukan survei pada 23-26 Desember melalui wawancara telepon kepada 1.202 responden yang dipilih secara acak (random). Margin of error survei diperkirakan +/-2.9% dan tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Survei ini menampilkan pilihan kepada 16 partai politik dengan pertanyaan: 'Jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai calon dari partai mana yang akan Ibu/Bapak pilih dari daftar partai berikut ini?'.

Hasil survei ini dipaparkan oleh Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas. Abbas mengatakan penelitian dilakukan guna mencari partai yang menjadi pilihan publik saat ini.

"Dalam situasi yang seperti saat ini, dengan apatisme terhadap calon pemimpin nasional dan partai meningkat, partai yang mana yang lebih prospektif mendapat dukungan warga. Apakah terjadi perubahan peta kekuatan? Kita lihat pilihan partai," kata Abbas melalui tayangan YouTube SMRC TV, Selasa (29/12) dilansir detik.com.

Hasil survei itu menunjukkan PDIP memperoleh dukungan tertinggi. Gerindra ada pada posisi kedua dan diikuti oleh Golkar pada peringkat ketiga. "Pilihan partai sekarang, pada 23 sampai 26 Desember PDIP mendapat dukungan tertinggi 31,3%, disusul Gerindra 13,4%, Partai Golkar 5,6%, PKS 5,2, Demokrat 4,5%, PKB 3%, selebihnya di bawah 3," jelasnya. Saat ini, parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen yang berlaku adalah 4%. Jika tak berubah, hasil survei ini menunjukkan hanya 5 partai yang lolos ke DPR.

Sementara untuk survei elektabilitas calon presiden (Capres) 2024, SMRC merilis jika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ada di atas nama-nama lainnya. Survei dilakukan dengan menyodorkan sejumlah nama kepada responden. Pertanyaan survei adalah: 'Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut?'. Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas mengatakan Ganjar Pranowo ada pada posisi teratas. Pada posisi kedua diikuti oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Dalam simulasi ini kita menemukan bahwa Ganjar Pranowo saat ini mendapat dukungan 15,7%, lalu Prabowo 14,9%, Anies Baswedan 11, Sandiaga Uno 7,9%, Ridwan Kamil 7,1%, Agus 3,1%, dan Bu Risma 3,1%," kata dia. Abbas juga memaparkan jumlah responden yang belum menentukan jawaban. Menurutnya, ada sekitar 31 persen yang tidak memberikan jawaban. Abbas menyebut belum ada calon yang cukup dominan dalam bursa capres ini. Angka tertinggi hanya ada pada 15,7 persen. *

loading...

Komentar