nusabali

Pembangunan Bendung Tegalalang Dianggarkan Rp 8 Miliar

  • www.nusabali.com-pembangunan-bendung-tegalalang-dianggarkan-rp-8-miliar

BANGLI, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli merancang kegiatan revitalisasi saluran irigasi pada daerah irigasi Sidembunut Kanan tepatnya di Banjar Tegalalang, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli.

Kegiatan yang meliputi pembangunan bendung dirancang dengan anggaran Rp 8 miliar. Kasi Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangli, Ida Bagus Adnyana, mengatakan pembangunan bendung dirancang pada 2021 dengan anggaran Rp 8 miliar. “Jika tidak halangan, pembangunan bendung akan dilaksanakan tahun depan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK),” jelas Ida Bagus Adnyana, Selasa (29/12). Rencana awal, pembangunan bendung dilaksanakan tahun 2020 dengan anggaran Rp 3 miliar. Namun akibat faktor alam yang berpengaruh terhadap kondisi di lapangan, pembangunan terpaksa dibatalkan.

Ida Bagus Adnyana mengatakan sudah ada pemenang tender untuk pembangunan bendung Tegalalang. Bahkan pemenang tender sudah menurunkan peralatan ke lokasi untuk memulai kegiatan. “Saat proses di lapangan banyak kendala. Hujan menyebabkan perubahan perencanaan dari rencana dalam kontrak,” beber Ida Bagus Adnyana. Sementara itu, terjadi peningkatan anggaran dari sebelumnya karena lokasi pembangunan bendung berubah dari rencana awal dan bendung lebih lebar dari sebelumnya.

Selain itu ada pula pembuatan terowongan dengan panjang sekitar 400 meter. "Nanti kami akan sosialisasikan kegiatan ini ke masyarakat yang memiliki lahan di dekat lokasi bendung yang akan dibangun," sambungnya. Di tahun 2021 juga akan dilaksanakan kegiatan perbaikan saluran irigasi Uma Selat, Kecamatan Tembuku dengan anggran Rp 300 juta. Ida Bagus Adnyana berharap berjalan lancar sehingga kegiatan dapat terlaksana pada awal tahun. *esa

loading...

Komentar