nusabali

Ronaldo Terbaik Abad Ini

  • www.nusabali.com-ronaldo-terbaik-abad-ini

DUBAI, NusaBali
Cristiano Ronaldo menutup tahun 2020 dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik abad ini, mengalahkan Lionel Messi.

Ya, Globe Soccer Award memberikan penghargaan tersebut kepada Ronaldo di Dubai, Senin (28/12) dinihari Wita. Tolak ukur adalah prestasi Ronaldo dalam kurun waktu 2001 hingga 2020, yang pemungutan suaranya dilakukan fans terpilih di seluruh dunia.

Ronaldo tak hanya mengungguli rivalnya Messi, tapi juga pemain Liverpool Mohamed Salah dan juga mantan bintang timnas Brasil Ronaldinho. Ronaldo sukses di level klub dan timnas selama dua dekade ini.

Dia meraih lima trofi Liga Champions di dua klub berbeda, lalu tiga Premier League bersama Manchester United (MU), dua trofi LaLiga dengan Real Madrid, dan dua Serie A di Juventus.

Ronaldo juga membawa Timnas Portugal juara Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019. Dua trofi ini yang belum bisa diraih Messi bersama Timnas Argentina.

"Terima kasih semua yang memilih saya, untuk keluarga, ibu saya, dan juga kakak-kakak saya. Ini pencapaian luar biasa. Ini memotivasi saya terus berprestasi," ujar Ronaldo di Marca.

Sementara itu, Robert Lewandowski memenangi Globe Soccer Player of The Year award 2020. Lewandowski tampi luar biasa musim lalu bersama Bayern Muenchen dengan membawa klub itu meraih lima gelar sepanjang 2020, termasuk treble winners.

Lewandowski juga garang di depan gawang lawan dengan mencetak 55 gol dan 10 assist dari 47 penampilan di seluruh kompetisi. Dia juga jadi top scorer di tiga ajang, yakni Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions.

Pencapaian itu membuat Lewandowski dihadiahi gelar pemain terbaik FIFA dan juga yang terbaru, Global Soccer Player of The Year Award 2020.

Terkait gelar terbaru Lewandowski, ada peran Cristiano Ronaldo. Sebab Global Soccer Player of The Year Award ini menggunakan sistem voting fans dan Ronaldo muncul sebagai pemenang.

Dikutip Tuttosport, pihak Ronaldo, dalam hal ini agennya Jorge Mendes menolak award itu dan memilih memberikannya kepada Lewandowski. Ronaldo menilai Lewandowski lebih pantas memenanginya. Sedangkan pemain asal Portugal itu jadi pemenang karena faktor popularitasnya. *

Komentar