nusabali

Wujudkan Green Tourism, ITDC Uji Coba Motor Listrik

  • www.nusabali.com-wujudkan-green-tourism-itdc-uji-coba-motor-listrik

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai salah satu upaya mewujudkan green tourism dengan memberdayakan teknologi dan sumber daya yang ramah lingkungan, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, pada Senin (28/12) pagi melakukan uji coba 12 unit motor listrik.

Belasan kendaraan listrik tersebut nantinya hanya beroperasi di dalam kawasan ITDC untuk menunjang operasional petugas. Managing Director ITDC I Gusti Ngurah Ardita, menerangkan sebagai pengelola kawasan, pihaknya berkomitmen mewujudkan green dan sustainable tourism di setiap destinasi wisata yang dikelola melalui penggunaan teknologi dan sumber daya yang ramah lingkungan. Salah satu wujud komitmen ini adalah dengan mendukung pemanfaatan electric vehicle yang minim polusi dan lebih ramah lingkungan. Penyediaan motor listrik ini juga bagian dari wujud dukungan ITDC atas Peraturan Presiden RI Nomor 55/2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan, serta Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih.

“Sehingga dengan adanya 12 unit motor listrik ini, sangat selaras dengan komitmen kita dalam green and sustainable tourism,” ujarnya di sela-sela uji coba motor listrik tersebut di kawasan ITDC, Nusa Dua.

Dijelaskannya, ke-12 unit motor listrik ini masih dalam rangkaian uji coba di dalam kawasan hingga Juni 2021. Dia berharap dengan pemanfaatan electric vehicle dalam kawasan ini dapat menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali energi bersih. Selain itu, Ardita menyatakan sudah saatnya untuk mendukung pariwisata era adaptasi kebiasaan baru melalui implementasi CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability) dalam mewujudkan destinasi pariwisata berkualitas yang lebih bersih, aman, dan nyaman sehingga dapat menjadi tambahan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. *dar

Komentar