nusabali

Tersambar Petir, Candi Bentar Pura Durga Kutri Runtuh

  • www.nusabali.com-tersambar-petir-candi-bentar-pura-durga-kutri-runtuh

GIANYAR, NusaBali
Petir menyambar salah satu Candi Bentar di Pura Bukit Dharma Durga Kutri, Desa Adat Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Minggu (27/12) sekitar pukul 15.00 Wita.

Akibatnya, ujung Candi Bentar yang tersambar langsung runtuh. Pamangku Pura Durga Kutri Jro Mangku Nyoman Putra,  ditemui Senin (28/12), mengatakan berada di pura saat kejadian. Hanya saja tidak langsung melihat kilatan petir menyambar Candi Bentar. Dijelaskan, sebelum petir menyambar, di lokasi cuaca sedang mendung disertai hujan. Ketika itu, sedang persiapan persembahyangan sejumlah pamangku anggota Korda Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kabupaten Gianyar. "Saya pas di sini masih ngobrol dengan para pamangku PSN Gianyar dalam rangka Puja Santi. Sekitar pukul 14.00 wita mulai ada berdatangan, acara mulai pukul 15.00 Wita," jelasnya.

Saat persembahyangan itulah, terdengar suara petir dan kilatan cahaya di atas pura. Namun belum diketahui benda apa yang tersambar petir. Saat itu belum ada yang mengetahui kalau Candi Bentar Pura Durga di bukit atas yang tersambar petir. Sebab, posisi Pura Durga Kutri cukup tinggi dan ditutupi rimbunnya pepohonan besar di sekeliling pura. Hingga akhirnya salah satu pemedek perempuan, menaiki anak tangga hendak sembahyang di puncak Pura Durga Kutri. Pamedek tersebut pun kembali turun mengabari musibah tersebut. "Kemudian bersama-sama saya cek, ternyata benar candi bentar runtuh," ungkapnya.

Jro Mangku Nyoman Putra mengaku tidak ada terlintas firasat apa pun. Musibah ini baru pertama kali terjadi. Namun demikian, runtuhnya Candi Bentar kental nuansa mistis. "Karena di atas sana, ada banyak Togog (patung),  gak kena sambaran petir. Ada banyak juga dahan pohon, bukan pohon yang disambar. Puing reruntuhan juga dominan jatuh ke jaba sisi pura, sehingga palinggih (bangunan suci) utama tidak kena sama sekali," jelasnya.

Pasca kejadian, pangempon pura berencana meminta petunjuk niskala. "Sudah pasti harus digelar upacara, karena ini musibah. Tapi, nunasang dumun ring nak (haru mohon petunjuk dulu kepada pendeta, Red)," ujarnya. Candi Bentar yang dibangun lebih dari 10 tahun lalu itu juga akan diperbaiki.

Pantauan NusaBali, ujung Candi Bentar yang runtuh terpotong sekitar 1 meter lebih. Bagian Candi Bentar yang rusak itu sempat berserakan di areal pura, namun sudah ditepikan oleh krama setempat.

Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko menjelaskan usai menerima informasi warga, bahwa candi Pura Durga Kutri tersambar petir, personel Polsek Blahbatuh langsung mengecek ke lokasi. Polisi pun memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Hanya akibat kejadian ini pihak pangempon mengalami kerugian material belasan juta rupiah. "Kami menerima info dari warga bahwa candi Pura Durga Kutri tersambar petir. Kemudian kami cek dan benar saja ujung candi jatuh berserakan," jelasnya.

Ditambahkan, polisi juga sudah berkoordinasi dengan prajuru dan pangempon pura. Pihak pangempon mengikhlaskan kejadian ini sebagai musibah.*nvi

Komentar