nusabali

Pipa PDAM di Desa Akah Bocor 2 Titik

  • www.nusabali.com-pipa-pdam-di-desa-akah-bocor-2-titik

SEMARAPURA, NusaBali
Pipa milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Mahottama Klungkung mengalami bocor pada dua titik di Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Sabtu (26/12).

Kebocoran diduga karena timpaan tanah longsor. Kendati demikian pelayanan kepada masyarakat tidak sampai terganggu. Karena pipa bocor pada dua titik tersebut hanya jaringan tambahan. Guna menindaklanjuti kejadian itu, petugas PDAM langsung melakukan perbaikan. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Akah Ketut Sukadana, yang turut memantau kebocoran pipa bocor tersebut. Dia menjelaskan kebocoran terjadi di dua titik, yakni di dekat pabrik Kresna Karya wilayah Desa Akah dan kebocoran di atas aliran Sungai Unda. "Volume kebocoran lumayan besar," katanya.

Mendapati situasi tersebut, Wabup Made Kasta langsung berinisiatif menghubungi PDAM Klungkung untuk segera mengambil tindakan, Sabtu (27/12). Mengingat volume kebocoran lumayan besar sehingga tidak sedikit air yang terbuang. "Saya harap PDAM secepatnya mengambil tindakan supaya suplai air minum warga tidak tersendat," ujar Wabup Kasta.

Wabup Kasta mengingatkan kepada petugas PDAM supaya secara rutin memeriksa dan memantau jaringan air, terutama jaringan yang sudah berumur. Langkah ini penting sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah dan mengganggu jalur distribusi air warga. "Ketika ada laporan dari warga, PDAM juga harus sigap melayani dan menjawab keluhan warga," katanya.

Dirut PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa mengatakan, kebocoran itu disebabkan karena adanya longsor saat musim hujan ini. Begitu mendapat laporan sudah langsung ditindaklanjuti dan perbaikan sudah selesai. Renin mengaku akibat kebocoran ini tidak sampai mengganggu pelayanan kepada masyarakat karena hanya jaringan tambahan. "Kebocoran ini sudah kami atasi," ujarnya, Minggu (27/12). *wan

Komentar