nusabali

Sosialisasi Prokes, Polres Badung Gelar Aksi Gerebek Desa

  • www.nusabali.com-sosialisasi-prokes-polres-badung-gelar-aksi-gerebek-desa

MANGUPURA, NusaBali
Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Polres Badung mengajak semua pihak seperti Pecalang, Linmas dan prajuru adat melakukan Gerebek Desa.

Tujuannya mengajak masyakat untuk menaati protokol kesehatan (prokes). Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi SIK melalui Kasubbaghumas Bagops Iptu I Ketut Gede Oka Bawa mengatakan wabah Covid-19 harus dibasmi bersama-sama mulai dari kehidupan diri sendiri, banjar, Desa/Kelurahan secara rutin dan terus menerus. "Kita tidak tahu sampai kapan virus yang mematikan ini bisa hilang dari muka bumi ini," katanya di sela-sela melakukan penyemprotan wilayah Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Minggu (27/12) pukul 08.30 Wita.

Dalam Gerebek Desa kemarin melibatkan sebanyak 40 petugas. Baik dari Polri, Dokpol, pihak Desa Mengwitani, Pecalang, Linmas dan prajuru desa adat Mengwitani. Saat terjun langsung ke lapangan, mereka membagi tugasnya menjadi dua bagian.

Sebagian melakukan penyemprotan di banjar Batur Sari menyusuri terus ke rumah warga yang berdampak Covid-19 menggunakan alat penyemprotan gendong serta mobil R4 KBS pecalang. Sementara sebagian lagi melaksanakan penertiban prokes di Pasar Umum Beringkit.

Iptu Oka Bawa pun mengajak masyarakat senantiasa menaati prokes sesuai imbauan dari pemerintah. Menaati prokes di sini yakni menggunakan masker terutama saat bepergian keluar rumah, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "Karena itu merupakan senjata ampuh saat ini," tegasnya.

"Penerapan prokes sesuai Pergub Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Perbup Badung Nomor 52 Tahun 2020 harus dilaksanakan secara tegas," imbuh Iptu Oka Bawa sambil membagikan masker bagi warga yang  menggunakan masker tidak layak pakai.

Dalam pelaksanaan Gerebek Desa kemarin, masih ada masyarakat yang abai dengan imbauan dari pemerintah daerah. Buktinya berhasil terjaring Sembilan pelanggaran karena tidak  tidak menggunakan masker dengan benar. "Semuanya menggunakan masker hanya tidak menutup semua lubang yang rentan terhadap masuknya virus," kata Iptu Oka Bawa.

Saat disinggung sanksi terhadap warga yang melanggar prokes, Iptu Oka Bawa menegaskan jika lebih mengedepankan pembinaan. "Ya kita kasih teguran saja, mengingat hanya menggunakan masker tidak sempurna," tandasnya.

Sementara Perbekel Mengwitani I Putu Sumardita mengapresiasi kegiatan Gerebek Desa guna menyosialisasikan pentinganya penerapan prokes untuk mencegah wabah Covid-19. "Kami di desa juga rutin melakukan imbauan kepada masyarakat tentang pencegahan Covid 19," tegasnya. *asa

Komentar