nusabali

Bupati Suwirta Sosialisasi Pelebaran Akses Jalan dan Jalan Lingkar Ceningan

Sinergikan Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul, Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-sosialisasi-pelebaran-akses-jalan-dan-jalan-lingkar-ceningan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, menghadiri acara ‘Sosialisasi Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul, Rencana Pelebaran Akses Jalan dan Jalan Lingkar Ceningan’.

Sosialisasi yang digelar Ditjen Perhubungan Darat ini dipusatkan di Balai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (26/12). Hadir Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB Muiz Thohir, Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra, instansi terkait, pemilik lahan, dan masyarakat sekitar pelabuhan.

Bupati Suwirta meminta kepada masyarakat Nusa Penida untuk mendukung program pembuatan pelabuhan tersebut. Pelabuhan Bias Munjul yang dibangun terkoneksi antara fast boat dan kapal Roro (roll on-roll off) Nusa Jaya Abadi dengan estimasi biaya sebesar Rp 138 miliar.

Dalam proses pengerjaan pelabuhan, hasil pengerukannya akan dimanfaatkan untuk pembuatan panggung di Nusa Ceningan (Kecamatan Nusa Penida). “Saya mengharapkan sosialisasi ini merupakan yang terakhir dilakukan dalam rangka pengerjaan,” harap Bupati Suwirta

Terkait rencana pelebaran akses jalan dan jalan lingkar di Nusa Ceningan, Pemkab Klungkung akan melebarkan jalan sepanjang sekitar 3,5 kilometer dengan badan jalan yang sekarang 3 meter menjadi 7 meter. Pelebaran tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah memberikan kenyamanan dalam berkendara dan perencanaan transportasi listrik.

“Namun terlebih dulu harus mengubah status jalan, dari jalan desa menjadi berstatus jalan kabupaten,” kata Bupati Suwirta.

Menanggapi rencana pelebaran jalan tersebut, Bupati Suwirta juga mengharapkan masyarakat di Nusa Ceningan mendukung program Pemkab Klungkung itu. Bagi warga yang tanahnya terkena jalur, bupati akan bertemu dengan pemilik lahan agar merelakan lahannya. “Pelebaran akses jalan, jalan lingkar Ceningan, akses jalan jembatan menuju Lembongan semua ini mendukung adanya Pelabuhan Bias Munjul,” ujar Bupati Suwirta.

Saat ini perkembangan pariwisata di Nusa Penida sangat begitu pesat. Bupati akan terus berupaya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur khususnya antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

“Konsep perencanaan ke depan, Pulau Nusa Lembongan dengan Ceningan ini akan dijadikan agro wisata yang ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik,” tutur Bupati Suwirta. *wan

Komentar