nusabali

PSSI Targetkan Juara 2023

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Dibatalkan

  • www.nusabali.com-pssi-targetkan-juara-2023

Dengan adanya pergeseran jadwal, PSSI berharap Timnas Indonesia dapat mempersiapkan diri lebih baik. Bahkan, kata Iriawan, PSSI menargetkan skuad Garuda Muda jadi juara pada tahun 2023.

JAKARTA, NusaBali

FIFA membatalkan turnamen Piala Dunia U-20 2021. PSSI pun menghormati keputusan tersebut dan mengubah target untuk Timnas pada Piala Dunia U-20 2023, yang tetap digelar di Indonesia. Yakni, juara pada tahun 2023 itu.

Kepastian itu diumumkan FIFA pada Kamis (24/12). Pandemi Covid-19  membuat proses penyelenggaraan terganggu. Apalagi kualifikasi di masing-masing konfederasi belum dimulai, seperti Piala Concacaf U-20 dan Piala Asia U-19 yang ditunda tahun depan. Sedangkan Piala Eropa U-19 yang harus digelar tahun ini sudah resmi dibatalkan.

Karena itu, Piala Dunia U-20 pun dianggap tak bisa digelar pada 2021 dengan layak dan akhirnya dibatalkan. Hal yang sama berlaku untuk Piala Dunia U-17 2021 yang seharusnya di Peru. Meski begitu, status tuan rumah kedua negara tak lantas dicabut. Slot tuan rumah bagi Indonesia dan Peru digeser tahun 2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi keputusan FIFA tersebut, meski mengaku proses persiapannya telah dilakukan maksimal. Dengan adanya pergeseran jadwal, Iriawan berharap Timnas dapat mempersiapkan diri lebih baik. Bahkan, kata Iriawan, PSSI menargetkan skuad Garuda Muda jadi juara pada tahun 2023.

"Karena pembatalan tersebut, Timnas yang akan kami persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023. Saya berharap persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nantinya menjadi juara," kata Iriawan.

Dengan adanya pergeseran jadwal turnamen, dipastikan akan ada perubahan dalam skuad yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 dibandingkan dengan tim besutan Shin Tae-yong saat ini.

Hal itu beberapa nama sudah berusia lebih dari 20 tahun pada 2023. Beberapa di antaranya adalah Witan Sulaeman, Bayu Mohamad Fiqri, dan Khairul Imam Zakiri yang lahir di tahun 2001.

Piala Dunia U-20 2021 awalnya akan digelar di enam kota di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021. Stadion yang ditunjuk, yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Kapten I Wayan Dipta (Kabupaten Gianyar), Manahan (Solo), dan Gelora Sriwijaya (Palembang).

Sementara itu, FIFA tak mengabaikan persiapan yang dilakukan Indonesia dan Peru. Kedua negara tetap ditunjuk jadi tuan rumah turnamen yang sama tahun 2023.

"Akibat pandemi Covid-19, FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17 pada tahun 2021, dan langsung menunjuk Indonesia dan Peru, yang seharusnya menjadi tuan rumah edisi 2021, untuk menjadi tuan rumah edisi 2023," tulis pernyataan resmi FIFA.

"FIFA mengucapkan terima kasih kepada Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) dan Peru (FPF) serta otoritas kedua negara atas komitmen dan persiapan yang telah dilakukan sejauh ini. FIFA berharap bisa melanjutkan kerja sama dengan kedua negara tuan rumah agar turnamen tersebut berjalan sukses," tutup pernyataan FIFA. *ant

Komentar