nusabali

Harapkan Tuah Boxing Day

Derby London Arsenal-Chelsea

  • www.nusabali.com-harapkan-tuah-boxing-day

LONDON, NusaBali
Di saat berjuang bangkit, Arsenal harus menghadapi Chelsea, dalam Derby London laga Premier League, di Emirates Stadium, Minggu (27/12), pukul 01.30 dinihari Wita.

The Gunners pun sangat berharap pada catatan positifnya  di laga-laga Boxing Day. Namun laga lawan The Blues menjadi ujian berat Arsenal, yang kini terdampar di peringkat ke-15 klasemen sementara dengan 14 poin dari 14 laga. Laju buruk Arsenal melewati tujuh laga terakhir tak pernah menang.

Namun saat menjamu Chelsea nanti,  Meriam London bermodal catatan positif selama Boxing Day untuk kembali ke jalur kemenangan. Dari catatan Opta, Arsenal belum pernah kalah dalam 12 laga kandang terakhir di Boxing Day.

Terakhir kali Arsenal kalah di laga kandang Boxing Day pada 1987 saat ditumbangkan Nottingham Forest 0-2. Dalam 12 laga berikutnya, Arsenal mencatatkan 10 kemenangan dan dua kali imbang. Bahkan dalam catatan itu, ada kemenangan 2-1 atas Chelsea pada 2001.

Mikel Arteta sadar betul pentingnya laga-laga pada periode sibuk hingga pergantian tahun ini. Dia berharap periode ini menjadi titik balik Meriam London.

"Kami harus membalikkan keadaan, tidak ada pertanyaan soal itu. Jika tidak, kami berada dalam masalah besar. Saat itulah yang akan menentukan musim kami," ujar Arteta, usai Arsenal disingkirkan

Manchester City di perempatfinal Piala Liga Inggris, Rabu (23/12). Sementara itu, kapten tim Pierre-Emerick Aubameyang mengatakan para pemain muda yang ingin membuktikan diri di Arsenal harus bersabar demi meraih tempat di skuat utama. Ketajaman Aubameyang menjadi salah satu masalah saat dirinya baru mencetak empat gol.

Demikian pula para pemain senior, seperti Granit Xhaka dan Wilian juga menurun, sehingga Arteta memanggil para pemain mudanya. Yakni, Folarin Balogin, Eddie Nketiah, Emile Smith Rowe dan William Saliba, semua di bawah 21 tahun.

Sedangkan bintang Arsenal yang kini dipinggirkan Mesut Ozil mengakui saat ini masa sulit bagi Arsenal dan dirinya. Namun dia berharap dapat membantu timnya jadi lebih baik.

Eks pemain timnas Jerman itu terpinggirkan, dan namanya tidak masuk daftar skuat Liga Premier Inggris. Ozil belum pernah tampil bagi Arsenal sejak menang 1-0 atas West Ham pada 7 Maret.

Sementara itu, manajer Chelsea Frank Lampard tetap memuji Meriam London dan memaklumi periode buruk yang dirasakan setiap tim.

Menurutnya, Arsenal tim yang bagus dengan manajer yang baik. Bahkan, kata Lampard, Arsenal masih memiliki hal yang harus diwaspadai terutama kualitas dari para penyerangnya.

"Ketika memainkan laga derby,  ada dorongan yang dibutuhkan tim mencoba dan mendapatkan hasil yang  terbaik,”kata Lampard.

Usai Arsenal vs Chelsea, the Gunners akan tandang ke markas Brighton & Hove Albion pada Rabu (30/12) dinihari Wita. Lalu tandang ke markas West Bromwich Albion, Minggu (3/1).  *

Komentar