nusabali

SAR Jembrana dan Buleleng Disiagakan di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-sar-jembrana-dan-buleleng-disiagakan-di-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Serangkaian memberikan rasa aman warga yang berlibur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar atau Basarnas Bali, menyiagakan jajaran personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana dan Buleleng di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana.

Di samping berjaga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jajaran personel ini juga ditugaskan rutin melakukan patroli laut. Hal tersebut, diungkapkan Kepala Basarnas Bali Gede Darmada, yang sempat turun melihat kondisi terkini dan memastikan kesiapsiagaan personel di Pelabuhan Gilimanuk, Kamis (24/12) siang. “Yang kami siagakan dua buah RIB (rigid inflatable boat) serta personel dari Pos SAR Jembrana dan Pos SAR Buleleng,” ujarnya.

Menurut Darmada, dua buah RIB yang ditempatkan di Gilimanuk itu, tidak hanya digerakan ketika ada permintaan bantuan evakuasi. Tetapi juga secara rutin digerakkan untuk memantau aktivitas pelayanan dan situasi perairan sekitar Pelabuhan Gilimanuk hingga seputaran Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. “Peningkatakan kesiapsiagaan ini, tujuannya untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada wisatawan yang berkunjung ke Bali,” ucapnya.

Dari hasil pemantauan sementara, Kamis itu,  Darmada memastikan, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, berjalan normal dan lancar. Tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diharapkan seperti gangguan cuaca atau pun permasalahan kapal yang melayani penyeberangan menuju Gilimanuk ataupun sebaliknya. “Secara umum, kondisi sangat kondusif,” kata Darmada.

Darmada menambahkan, pada siaga SAR khusus bertalian masa libur Nataru tahun ini, Basarnas Bali juga sempat mengerahkan heli BO 105 untuk pemantauan udara ke wilayah Padangbai, Karangasem, dan Sanur, Denpasar, pada Rabu (23/12). Dari hasil pemantauan tersebut, kondisi juga terlihat aman dan lancar. *ode

Komentar