nusabali

2.886 SDM RSUP Sanglah Bakal Divaksin

  • www.nusabali.com-2886-sdm-rsup-sanglah-bakal-divaksin

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 2.886 sumber daya manusia (SDM) RSUP Sanglah rencananya akan diberikan vaksin Covid-19.

Rumah sakit terbesar di Bali itu pun telah melakukan serangkaian simulasi sebagai persiapan diri manakala vaksin telah tiba di Pulau Dewata.  "Kami sudah melakukan simulasi sebagai persiapan, bilamana sudah ada instruksi untuk melaksanakan vaksinasi. Untuk prioritas pertama, memang tenaga kesehatan," ujar Direktur Utama (Dirut) RSUP Sanglah, dr I Wayan Sudana MKes saat gathering akhir tahun bersama awak media, Rabu (23/12).

Dirut Sudana menjelaskan, alur pelaksanaan vaksin Covid-19 nantinya akan dibagi menjadi empat tahapan. Meja pertama akan digunakan sebagai registrasi, meja kedua untuk proses skrining, meja ketiga untuk vaksinasi, dan meja keempat untuk pengamatan pasca vaksin. "Akan diskrining. Tidak semua nanti yang akan divaksinasi, karena ada beberapa persyaratan. Misalnya ada komorbid (penyakit penyerta) dan sebagainya. Setelah divaksin, nanti juga akan dipantau. Karena yang namanya vaksinasi, jika seandainya ada reaksi, agar cepat tertangani," ungkap Dirut Sudana.

Ditambahkan oleh Direktur SDM dan Pendidikan RSUP Sanglah, Dr dr I Ketut Surya Negara SpOG (K) MARS, sebagai persiapan untuk penyimpanan vaksin, telah disiapkan sebanyak 13 ruangan yang mampu menampung sebanyak 3.000 vaksin. "Secara umum kami sudah siap, hanya saja belum ada kejelasan kapan akan dilakukan vaksinasi. Tentu yang menjadi lead nanti Dinas Kesehatan. Kami terus berkoordinasi," imbuh dr Surya Negara. *ind

Komentar