nusabali

Kota Denpasar Dapat Predikat Booming City

  • www.nusabali.com-kota-denpasar-dapat-predikat-booming-city

Penetapan Booming City Tahun 2020 ini mencakup tiga variabel yakni ekonomi, sosial, dan keuangan.

DENPASAR, NusaBali

Kota Denpasar berhasil masuk dalam 10 Besar Booming City versi Lokadata. Dalam edisi khusus yang dirilis Lokadata pada bulan Desember, ibukota Provinsi Bali ini menempati posisi ketiga sebagai Booming City atau Kota Berdenyut dan Bergerak Sangat Dinamis Tahun 2020.

Dalam rilis yang diterima NusaBali, Denpasar hanya kalah dari Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Adapun untuk penetapan Booming City Tahun 2020 ini ada tiga variabel yakni ekonomi, sosial, dan keuangan yang secara detail dijabarkan dalam produk domestik regional bruto per kapita, pertumbuhan ekonomi (pertumbuhan PDB), outstanding dana pihak ketiga perbankan per kapita, outstanding kredit perbankan per kapita pertumbuhan dana pihak ketiga perbankan, pertumbuhan kredit perbankan, tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan dan dependency ratio.

"Kota Denpasar di Bali juga termasuk dalam kota potensial dan menjadi 10 besar Bomming City Tahun 2020, di mana dari tiga indikator, Indeks Sosial mendapatkan penilaian tertinggi dengan skor 78,0," ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Rabu (23/12).

Dikatakan Dewa Rai bahwa masuknya Kota Denpasar sebagai kota yang terus bergerak dinamis dan tumbuh atau Booming City tak lepas dari inovasi dan program yang dilaksanakan Pemkot Denpasar. Partisipasi masyarakat baik dalam pembangunan dan pengembangan ekonomi kreatif menjadi modal penting dalan penilaian kali ini. "Fokus Bapak Walikota dan Bapak Wakil Walikota beserta jajaran untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif memberikan peluang tersendiri bagi masyarakat Kota Denpasar, dan ini sukses menciptakan wirausaha muda, selain juga mampu menyerap tenaga kerja," jelasnya

Selain itu, kesejahteraan sosial juga terus diperhatikan secara serius. Hal ini terbukti dengan adanya Kordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) yang dikomandani oleh IA Selly Dharmawijaya Mantra dan Sagung Antari Jaya Negara dengan rutin memberikan bantuan untuk mendukung kesejahteraan sosial masyarakat Kota Denpasar. Lokadata sendiri adalah perusahaan media yang mengedepankan data dan riset untuk laporan-laporannya.

"Dalam kesempatan ini kami turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, dan semoga masuknya Kota Denpasar sebagai Booming City 2020 dapat memberikan kebaikan bagi seluruh masyarakat dan memberikan manfaat maksimal, khususnya dalam kesejahteraan sosial dan ekonomi," pungkasnya.*mis

Komentar