nusabali

Diskominfo Fasilitasi Penyambungan Internet Gratis Hingga ke Rumah Warga

Juga Rancang Wifi Corner Gratis di Pasar Tradisional

  • www.nusabali.com-diskominfo-fasilitasi-penyambungan-internet-gratis-hingga-ke-rumah-warga

MANGUPURA, NusaBali
Jaringan internet gratis yang disiapkan Pemkab Badung di masing-masing banjar kini jangkauannya semakin diperluas.

Dengan penambahan jaringan, internet gratis yang terpasang di bale banjar bisa dinikmati warga di rumah masing-masing. Berdasarkan data dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Badung, hingga Desember 2020 terdapat puluhan banjar yang telah menikmati internet gratis. “Kalau tidak salah sekitar 54 banjar yang mengajukan ke kami. Ada yang sudah berjalan, ada yang proses pemasangan, ada juga yang masih tahap perencanaan,” kata Kadis Kominfo Badung IGN Gede Jaya Saputra, Rabu (23/12).

Pemasangan jaringan dilakukan swadaya oleh masyarakat. Namun atas persetujuan Diskominfo. “Jadi kami yang memfasilitasi semuanya,” imbuh Jaya Saputra.

Menurutnya, wilayah yang pertama memanfaatkan jaringan internet ke rumah-rumah adalah Desa Adat Bindu, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal sejak April 2020. Lantaran dinilai berhasil, semakin banyak banjar meniru apa yang dilakukan di Desa Adat Bindu.

“Karena anggarannya swadaya, maka yang kami layani yang memang membutuhkan untuk layanan dasar terutama desa atau banjar-banjar yang jauh dari pelayanan provider swasta,” tegas Mantan Camat Mengwi itu.

Terkait kuota sesuai dengan jatah yang diberikan masing-masing banjar. Kata Jaya Saputra, kuota yang disediakan mencapai 100 Mbps. Kuota ini diprioritaskan untuk layanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan pemerintah lainnya.

Diskominfo juga merancang penambahan kuota. Namun karena terbentur pandemi Covid-19, sehingga belum bisa direalisasikan. “Semoga ekonomi segera pulih, sehingga ke depan akan kami tambah lagi (peningkatan kuota, Red),” tegas Jaya Saputra.

Tidak sekadar memfasilitas pemasangan jaringan internat gratis ke rumah-rumah warga, Diskominfo juga menggagas pemasangan wifi corner gratis di pasar-pasar tradisional. Dengan begitu seluruh masyarakat bisa menikmati ketersediaan internet gratis dari Pemkab Badung.

“Wifi corner ini merupakan salah satu inovasi guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, dan menumbuhkan kreativitas pembuatan konten,” kata Jaya Saputra.

“Dengan adanya wifi corner ini pemerintah berharap para pedagang pasar melakukan pemasaran berbasis online,” tandasnya. *asa

Komentar