nusabali

Putri Koster Semangati Orangtua, Tetap Kuat Dampingi Anak-Anak Saat Pandemi

  • www.nusabali.com-putri-koster-semangati-orangtua-tetap-kuat-dampingi-anak-anak-saat-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster, mengajak semua orangtua untuk berperan aktif menjaga sekaligus membimbing putra-putrinya di masa emas (0-5 tahun).

Dengan membekali pendidikan dasar tentang tata krama dan etika sejak dini, anak-anak nantinya akan mudah bergaul dan menyesuaikan diri di tengah lingkungannya.  "Dari segi cara mengajar saja yang berbeda, jika di sekolah anak-anak akan berada di lingkungan formal, maka pendalaman pendidikan dan bimbingan di rumah oleh orangtua (guru rupaka) akan lebih menggunakan pendekatan berupa perhatian dan kasih sayang," ujar Ny Putri Koster di sela-sela Peringatan Hari Ibu di Gedung Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Selasa (22/12).

Istri Gubernur Bali, Wayan Koster ini mengatakan jangan sampai anak-anak merasa kehilangan perhatian dan kasih sayang orangtua di tengah masa pandemi ini. "Apalagi jika ada orangtua yang sebelum pandemi Covid-19 terlalu disibukkan oleh urusan karier atau pekerjaan, maka sebaiknya mampu memilah waktu untuk berbagi perhatian kepada anak-anaknya saat seperti ini," ujar seniman multitalenta ini.

Putri Suastini Koster yang didaulat sebagai pembicara memberikan arahan dalam kegiatan ‘Bunda PAUD Menyapa’ serangkaian peringatan Hari Ibu  secara virtual yang melibatkan Bunda PAUD se Bali itu menegaskan peran orangtua selain memenuhi kebutuhan pokok anak-anaknya, juga bertanggung jawab atas pendidikan dasar sebagai pondasi awal pembentukan karakter di masa depan anak, yakni memperhatikan tumbuh kembang perilaku, cara berkomunikasi, kesehatan dan pendampingan terhadap putra-putri tercinta.

"Ini sangat penting agar mereka memiliki penanaman budaya dan karakter diri yang akan mengantarkan mereka menuju pintu kesuksesan untuk masa depannya," ujar Putri Koster. Selain itu kata dia pendidikan moral yang juga salah satu penanaman karakter akan mengarahkan mereka pada ketaatan bernegara dan ber-Bhineka Tunggal Ika.

"Sehingga nantinya mereka tidak mudah terpengaruh oleh radikalisme dan terorisme," ujar perempuan kelahiran Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat ini.

Kemarin Putri Koster semangati orangtua hadapi situasi Pandemi Covid-19. Terutama memasuki bulan kesepuluh wabah pandemi ini jangan sampai mematahkan semangat orangtua dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah. "Mari kita upayakan agar anak anak kita tetap mendapatkan kasih sayang, dan mari orangtua sebagai guru pertama dalam keluarga mampu memberikan bekal di usia emasnya agar jangan sampai secara psikis anak anak kita terdampak oleh pandemi saat ini. Jangan sampai karena wabah pandemi Covid-19 anak anak bisa kehilangan kasih sayang dan perhatian," pesan wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini. *nat

loading...

Komentar