nusabali

Jelang Nataru, Pangdam dan 519 Perwira Tes Swab

  • www.nusabali.com-jelang-nataru-pangdam-dan-519-perwira-tes-swab

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 519 prajurit Kodam IX/Udayana mengikuti tes swab PCR dan rapid antigen secara gratis.

Tes ini digelar untuk mengantisipasi penularan Covid-19 selama pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tak hanya para prajurit, Pangdam Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak juga mengikuti Tes Swab PCR.

Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika, Sp PD MARS dikonfirmasi, Selasa (22/12) mengtakan tes swab PCR dan rapid antigen gratis ini digelar menindaklanjuti perintah. Kegiatan ini digelar di Rumah Sakit Tk II Udayana, Denpasar, secara bertahap sesuai prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Kakesdam mengatakan Pangdam memerintahkan seluruh perwira yang ada di Kodam IX/Udayana khususnya yang ada di Bali sebanyak 519 orang harus melaksanakan tes swab PCR. "Ini dilaksanakan secara bertahap sejak beberapa waktu lalu, kerena jumlahnya cukup banyak," ujar Kakesdam.

Dalam menghadapi Hari Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Kodam IX/Udayana juga telah mendirikan posko kesehatan. “Terkait ketentuan tes, untuk perjalanan yang lewat darat menuju Bali yaitu di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai itu Tes Rapid Antigen. Untuk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menggunakan tes Swab PCR. Dimana Kodam melalui Kesdam IX/Udayana memberikan Tes Rapid Antigen gratis khususnya bagi pengendara angkutan logistik”, jelas Kakesdam.

Selain itu, Pangdam juga sangat perhatian terhadap para awak media. Sebagai wujud perhatian dan jalinan kerjasama yang sangat baik antara Kodam IX/Udayana dengan media massa, sehingga para awak media juga difasilitasi untuk melaksanakan tes swab PCR secara gratis bertempat di Rumah Sakit Tk II Udayana. *pol

Komentar