nusabali

Dermaga Jetty Ramdor Belum Bisa Digunakan

  • www.nusabali.com-dermaga-jetty-ramdor-belum-bisa-digunakan

AMLAPURA, NusaBali
Pembangunan dermaga jetty ramdor di Dermaga Pesiar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem sudah tuntas dikerjakan.

Namun dermaga jetty ramdor untuk tempat berlabuh sekoci ini belum bisa digunakan. Alasannya, masih ada tahapan pembangunan berikutnya. Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Pelabuhan Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengatakan bangunan dermaga jetty ramdor dengan 129 tiang pancang menghabiskan anggaran Rp 49,404 miliar. Dermaga jetty ramdor sepanjang 30 meter dinilai belum ideal. Perlu ada tambahan 20 meter lagi. “Bangunan penahan gelombang atau break water sebagai pelindung dermaga jetty ramdor dari gelombang juga telah tuntas dikerjakan,” jelas Luh Putu Eka Suyasmin, Selasa (22/12).

Dermaga jetty ramdor dibangun karena dermaga kapal pesiar di Pantai Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis yang dibangun dengan panjang 154 meter belum bisa digunakan untuk menyandarkan kapal pesiar ukuran besar. Maka diputuskan membangun dermaga jetty ramdor ke arah samping kanan atau barat dermaga pesiar. Tujuannya di dermaga jetty ramdor, sekoci bisa nyandar. Sekoci itu mengangkut penumpang dari kapal pesiar ke dermaga jetty ramdor. “Di lokasi bangunan dermaga jetty ramdor itu, sangat tebal sedimen pasir lautnya. Jika membangun tiang pancang sebagai pondasi dermaga, tiang pancang wajib ditanam lebih dalam,” ungkap Luh Putu Eka Suyasmin.

Dermaga jetty ramdor dan break water dibangun dengan anggaran dari Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai. Pembangunannya berupa fasilitas Pelabuhan Laut Tanah Ampo, Dermaga Pesiar Tanah Ampo, dananya bersumber dari APBN tahun 2017. Sedangkan Dermaga Pesiar Tanah Ampo sepanjang 154 meter dibangun pada tahun 2006 dan mangkrak sejak tahun 2010. Kadis Perhubungan Karangasem, Ida Bagus Putu Suastika, mengatakan selama ini Dinas Perhubungan Karangasem mendukung sarana di bagian darat, terutama gedung dan akses jalan yang dibutuhkan. “Fasilitas di darat semuanya telah kelar dibangun, siap dioperasikan terutama gedung, parkir, dan fasilitas penunjang lainnya. *k16

Komentar