nusabali

Tuan Rumah Kalah Pamor

Arsenal vs ManCity di Piala Liga

  • www.nusabali.com-tuan-rumah-kalah-pamor

LONDON, NusaBali
Arsenal siap menjamu juara bertahan Manchester City, pada perempatfinal Carabao Cup (Piala Liga), di Emirates Stadium, Rabu (23/12) dinihari Wita.

Meski di kandang, bukan jaminan Arsenal bakal menang. Pasalnya, performa The Gunners mulai kalah pamor dan sangat mencemaskan. Di Premier League, Arsenal tanpa kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya di Premier League (M0 S2 K5). Arsenal juga hanya menang sekali, dan mencetak total empat gol dalam sepuluh laga terakhirnya ini. Bahka mereka empat poin di atas zona degradasi.

Wajar jika Arsenal tak diunggulkan lawan City di Piala Liga. City tak terkalahkan dalam 8 laga terakhir di semua ajang (M5 S3 K0). bahkan mereka hanya sekali kebobolan. Kemenangan terakhir atas tuan rumah Southampton 1-0 bisa jadi modal City menghadapi Arsenal.

Bagi kedua tim, pertarungan nanti memiliki akar sejarah panjang, dan jadi duel ke-202 bagi The Gunners dan City. Dari laman Worldfootball, kedua tim bertemu pertama kali pada pengujung abad ke-19, yakni pekan ke-8 Championship musim 1893/1894. Pada laga 11 November 1893 itu, Woolwich Arsenal menang 1-0 dari Ardwick FC, yang kemudian berganti nama jadi Manchester City.

Jika Arsenal unggul sejarah, saat ini justru ManCity yang unggul. Di klasemen Premier League musim 2020/2021, City di peringkat tujuh dengan 23 angka dari 13 laga. Arsenal terbenam di peringkat 15, dengan 14 poin dari 14 laga.

Sedangkan dalam 10 laga terakhir, City unggul delapan kemenangan dan Arsenal menang dua kali. Laga terakhir kedua tim di Etihad Stadium, 17 Oktober 2020, City menang 1-0, lewat Raheem Sterling.

Meski terseok-seok di Premier League, Arsenal memiliki rekor unggul head to head atas City. Dari 201 laga, Arsenal menang 98 kali dan imbang 45 kali. Sisanya, City menang 58 laga. Selain itu, produktivitas gol Arsenal unggul, yakni 319 gol berbanding 242 gol milik City

Meski kini terpuruk, Arsenal salah satu tim papan atas di Inggris. Lemari trofi mereka pun penuh trofi dan piala untuk bukti reputasi The Gunners., Arsenal meraih 13 trofi juara Liga Inggris, 14 trofi Piala FA, dua trofi Piala Liga, satu trofi Piala Winners, satu trofi piala Inter-Cities Fairs Cup, dan 16 trofi juara Community Shields. Sedangkan City 'baru' meraih enam trofi juara Liga Inggris, enam Piala FA, tujuh Piala Liga, satu Piala Winner, dan enam Piala Super Inggris. *

Komentar