nusabali

Dinas Kesehatan Bangun Lab UPTD

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-bangun-lab-uptd

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan Karangasem telah membangun UPTD (Unit Pelayanan Terpadu Daerah) Laboratorium Kesehatan dengan biaya Rp 1,8 miliar bersumber dari DAK (dana alokasi khusus).

Lab ini akan mengoptimalkan layanan bidang kesehatan. Sebelumnya lab UPTD jadi satu di Kantor Dinas Kesehatan. Kadis Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama MM, menjelaskan UPTD Lab Kesehatan dibangun di Jalan Diponegoro, yang sebelumnya merupakan bangunan bank sampah.

“Bangunan bank sampah tidak berfungsi lagi maka dibongkar dijadikan bangunan dua lantai untuk UPTD Lab Kesehatan,” ungkap I Gusti Bagus Putra Pertama, Senin (21/12). Dikatakan, pentingnya membangun UPTD Lab Kesehatan untuk skiring atau uji saring penyakit subklinis, menentukan risiko tahapan suatu penyakit dan mendeteksi dini penyakit, terutama bagi individu yang berisiko tinggi.

Pembangunan UPTD Lab Kesehatan juga bertujuan menunjang diagnose penyakit. Pentingnya pemeriksaan laboratorium juga sebagai ilmu terapan untuk menganalisa cairan tubuh guna membantu petugas kesehatan dalam mendiagnosis dan mengobati pasien. Jadi ada lima manfaat UPTD Lab Kesehatan itu yakni menunjang diagnosis klinis, menyingkirkan kemungkinan suatu diagnosis atau penyakit, digunakan sebagai pedoman terapi atau manajemen, digunakan sebagai panduan prognossi, dan mendeteksi suatu penyakit. “Gedung UPTD Lab Kesehatan itu rencananya diplaspas pada Purnama Kapitu, Anggara Wage Ugu, Selasa (29/12),” kata I Gusti Bagus Putra Pertama. *k16

Komentar