nusabali

Dua Pengendara Tertimpa Pohon Roboh di Karangasem

  • www.nusabali.com-dua-pengendara-tertimpa-pohon-roboh-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Dua pengendara motor tertimpa pohon roboh di dua lokasi berbeda di Karangasem, Senin (21/12) siang.

Korbannya adalah Ni Wayan Yowana Sari, 18, yang tertimpa pohon roboh di seputar Objek Wisata Tirtagangga (Desa Ababi, Kecamatan Abang) dan Ni Kade Ary Antari, 18, yang tertimpa pohon tumbang di depan Kampus Monarch Candidasa (Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem).

Korban Ni Wayan Yowana Sari, asal Banjar Ngis Kaler, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, tertimpa pohon asam tumbang saat melintas di Jalur Utama Amlapura-Singaraja kawasan Objek Wisata Tirtagangga di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Senin siang pukul 11.00 Wita. Pohon asam yang roboh ke jalan itu setinggi 25 meter dengan diameter 1,5 meter.

Informasi di lapangan, motor yang ditunggangi korban Wayan Yowana Sari dihantam cabang pohon asam yang roboh. Beruntung, gadis berusia 18 tahun ini selamat dari maut dalam kondisi terluka. Oleh warga setempat, korban Wayan Yowana Sari kemudian dilarikan ke RSUD Karangasem di Amlapura.

Karena mengalami cedera kepala berat, korban Yowana Sari selanjutnya dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar. "Kami belum mengetahui perkembangan kondisi korban tertimpa pohon setelah dirujuk ke RSUP Sanglah,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa.

Arimbawa menyebutkan, petugas BPBD Karangasem sendiri sudah terjun mengevakuasi pohon asam roboh yang menimpa korban Yowana Sari. Dipimpin langsung oleh Arimbawa, petugas BPBD kerahkan 3 chainsaw untuk memotong batang, dahan, dan ranting pohon roboh agar arus lalulintas di Jalur Utama Amlapura-Singaraja tidak macet.

Sementara itu, petaka pohon perindang jalan roboh yang menimpa korban Ni Kade Ary Antari terjadi di depan Kampus Monarch Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Senin siang. Beruntung, gadis asal Banjar Samuh, Desa Bugbug ini selamat dari maut dalam kondisi luka tidak terlalu parah.

Korban Kade Ary Antari kemarin langsung dilarikan ke Klinik Penta Medika di Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem. Setelah mendapatkan perawatan, gadis berusia 18 tahun ini dibolehkan pulang dari klinik, karena hanya mengalami cedera ringan di bagian kepala.

Ada pun pohon perindang jalan yang tumbang menimpa Kade Ary Antari tingginya mencapai 20 meter, dengan diameter 0,9 meter. Pohon roboh ini juga telah ditangani petugas BPBD Karangasem.

Informasi yang dihimpun NusaBali, Senin kemarin terjadi petaka pohon tumbang di sejumlah titik kawasan Karangasem. Salah satunya, pohon roboh di Banjar Kuta Bali, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem. Pohon kenongnang setinggi 15 meter dengan diameter 30 cm ini tumbang menimpa atap rumah keluarga I Made Dangin. Untungnya, tak ada korban jiwa maupun terluka dalam musibah ini.

Petaka pohon roboh juga terjadi di Bukit Sangyang Ambu, Banjar Celuk Kauh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem. Pohon setinggi 25 meter dengan diameter 1,5 meter ini roboh melintang ke jalan. Meski tak ada korban jiwa maupun terluka, poetaka pohon roboh di Bukit Sangyang Ambu ini sempat bikin lumpuh arus lalulintas di Jalur Utama Amlapura-Denpasar.

Sedangkan di Banjar Timbrah, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem, pohon tinjau setinggi 26 meter dengan diameter 0,95 meter tumbang menimpa kabel listrik dan jalan raya. Petugas BPBD Karangasem pun harus melakukan penanganan dengan hati-hati, setelah lebih dulu menunggu pihak PLN memutus aliran listrik buat sementara. *k16

Komentar