nusabali

Ikan Tangkapan Nelayan Melimpah

  • www.nusabali.com-ikan-tangkapan-nelayan-melimpah

GIANYAR, NusaBali
Sepekan terakhir, ikan tangkapan nelayan di pesisir Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar, melimpah. Ikan hasil tangkapan berupa ikan Lemuru dan ikan khas Pantai Gumicik, yaitu ikan Anyar.

Dengan adanya tangkapan ikan ini, nelayan senang hati menyambut pergantian tahun. Warga Pantai Gumicik, Wayan Puja, Minggu (20/12),  menjelaskan sejak sepekan nelayan sudah menikmati tangkapan. Ini menjadi berkah, karena sebelumnya, hampir selama tiga bulan, nelayan sepi tangkapan. Karena ombak tinggi, ikan-ikan berada jauh di tengah laut. “Tumben akhir tahun ada ikan agak ke pinggir, biasanya jauh di tengah laut,” jelas Puja. Dikatakannya, kondisi ini akibat air sungai luapan banjir membawa sumber makanan yang dicari oleh ikan. “Ikan-ikan itu dekat muara-muara sungai yang ada, mungkin mencari sumber makanan dari luapan sungai di muara,” jelasnya.

Walau demikian, tidak semua nelayan memanfaatkan kesempatan ini. Dari 150 nelayan, hanya sebagian yang memburu rejeki di tengah laut. “Tidak semua turun melaut, sebagiannya memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari rejeki, sebagiannya mungkin karena sudah terlanjur kerja proyek atau kerja buruh pertanian,” ungkapnya. Pun demikian, nelayan ini harus bangun dini hari untuk melaut dan kembali ke darat sekitar pukul 08.00 Wita. Setelah waktu tersebut, ikan-ikan sudah tidak ada lagi, dan menunggu esok harinya. Dari sebagian itu ada yang bekerja sebagai buruh bangunan, sebagai buruh memetik jagung atau pekerjaan lainnya.

Disebutkan, ikan Anyar Gumicik per kresek unyil sekitar setengah kilo dijual seharga Rp 8.000 sampai Rp 10.000. Ikan ini biasanya langsung digoreng kering sebagai lauk. Bahkan dikatakannya, ikan ini diburu pengepul saat nelayan kembali dari melaut. “Biasanya pedagang dari Batubulan atau Denpasar mencari ikan untuk dijual lagi, karena ikannya masih fresh,” jelasnya. Nelayan juga berharap kondisi melimpahnya ikan bisa sampai akhir tahun atau sampai Januari mendatang. *nvi

Komentar