nusabali

Konjen India Kunjungi Ashram Gandhi Puri

  • www.nusabali.com-konjen-india-kunjungi-ashram-gandhi-puri

SEMARAPURA, NusaBali
Di penghujung tahun 2020, keluarga besar Ashram Gandhi Puri di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung, kedatangan tamu penting yakni Konsulat Jenderal (Konjen) India HE Mr Prakass Chand, Sabtu (19/12).

Kunjungan ini merupakan kegiatan refleksi akhir tahun Ashram Gandhi Puri yang telah dikembangkan dalam acara Indonesie India Sanggam.  Kegiatan tersebut menjadi jembatan anak muda  untuk bereksprimen dalan bidang sosial dan budaya. Pemerintah India sangat mengapresiasi segala hal yang mampu dicapai oleh Ashram Gandhi Puri. Sehingga diharapkan hubungan antara India - Indonesia terjaga dan dipererat oleh anak muda.

Yoga Pramana, salah satu Shantisena Ashram Gandhi Puri mengatakan, hubungan persaudaraan antara India khususnya Odisha dengan Bali, terukir dari sejarah peradaban panjang dimana Ida Rsi Markandeya memulai perjalanannya sampai membangun peradaban menanam Panca Datu dan membangun Pura Besakih. Besar harapan nantinya akan tercipta suatu akulturasi budaya yang akan melahirkan Kalingga Bali Sanggam lewat seni tari, kolaborasi Tari Bali dengan Tari Odishi.

Untuk mendukung tujuan tersebut Ashram gandhi Puri melaksanakan kegiatan Shantisena Sanggam yakni Workshop Odishi Dance bersama DR Pompi Paul. "Saya sangat bersyukur dan merasa senang sekali dengan diadakannya kegiatan kali ini karena dengan ini saya dapat mengetahui langkah-langkah dasar dalam Tari India," ujar Yoga Pramana.

Antusias dan semangat peserta terlihat saat mereka diajak untuk menyelaraskan antara gerakan dari kaki hingga ke kepala. Mereka membentuk sebuah nilai estika dari satu gerakan ke gerakan selanjutnya. Kegiatan pembelajaran kali ini berencana akan dilaksanakan rutin agar peserta dapat dan mampu menampilkan hasil pembelajarannya kelak dikegiatan intern. "Dengan diadakannya kegiatan ini saya berharap semoga banyak anak muda yang mendapatkan beasiswa-beasiswa pendidikan penuh ke India, untuk mendapatkan pembelajaran formal dan nonformal khususnya Shantisena Ashram Gandhi Puri yang saya prioritaskan" kata Ida Rsi Putra Manuaba selaku Pengasuh Ashram Gandhi Puri. Akhir acara ditutup dengan penyerahan buku-buku dari Konsulat Jenderal India kepada Ashram Gandhi Puri. *wan

loading...

Komentar