nusabali

Lewandowski Pemain Terbaik FIFA

Gol Son Heung-min Raih Puskas Award

  • www.nusabali.com-lewandowski-pemain-terbaik-fifa

ZURICH, NusaBali
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski dinobatkan sebagai Pemenang Terbaik FIFA 2020.

Sedangkan gelar Pelatih Terbaik jatuh kepada manajer Liverpool Juergen Klopp. Pemain Tottenham Hotspur asal Korea Selatan Son Heung-min meraih Puskas Award 2020 atau gelar pencetak gol terbaik di dunia tahun ini.

Demikian diumumkan laman resmi FIFA pada Jumat (18/12) dinihari Wita. Bagi Lewandowski itu penghargaan Pemain Terbaik FIFA pertamanya. Sedangan Klopp untuk dua tahun beruntun menjadi juru taktik terbaik sejagat versi FIFA.

Sedangkan penyerang Manchester City yang sebelumnya memperkuat Olympique Lyon, Lucy Bronze, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Putri FIFA 2020. Pelatih kepala tim nasional putri Belanda, Sarina Wiegmann, dinobatkan sebagai Pelatih Putri Terbaik FIFA 2020, mengikuti gelar serupa yang dimenanginya pada 2017.

Malam penghargaan itu juga menganugerahkan gelar Kiper Terbaik Putra FIFA 2020 kepada rekan Lewandowski di Bayern, Manuel Neuer. Sedangkan kategori putri diraih kiper Lyon dan timnas putri Prancis Sarah Bouhaddi.

Sementara itu, Son Heung-min meraih Puskas Award 2020 atau gelar pencetak gol terbaik di dunia tahun ini. Aksinya membobol gawang Burnley lewat solo run menjadi yang terindah.

Son Heung-min membuat gol indah ke gawang Burnley di Tottenham Hotspur Stadium, dalam laga Liga Inggris musim lalu, 7 Desember 2019. Dia menggiring bola dari daerah pertahanan Tottenham hingga kotak penalti lawan, sebelum menceploskan bolanya ke gawang Burnley.

Dalam prosesnya, Son Heung-min berlari cepat dan lolos dari kepungan delapan pemain Burnley. Lalu Son tanpa kesulitan menaklukkan Nick Pope dan menceploskan bolanya ke dalam gawang Burnley. Son mengalahkan Luis Suarez (Barcelona/Atletico Madrid) dan Giorgian De Arrascaeta (Flamengo).

Dengan keberhasilan itu, Son Heung-min mengikuti jejak Cristiano Ronaldo, Neymar, James Rodriguez, Zlatan Ibrahimovic, dan Mohamed Salah, yang juga pernah memenangkan Puskas Award. *ant

Komentar