nusabali

Edukasi Kegiatan Produktif di Lingkungan Pura

Wabup Suiasa Buka Germas Bersama Mahasiswa MIKM FK Unud

  • www.nusabali.com-edukasi-kegiatan-produktif-di-lingkungan-pura

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bersama mahasiswa Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (MIKM) angkatan XII Fakultas Kedokteran Universitas Udayana di lingkungan Pura Penglukatan Pancoran Solas Taman Mumbul, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Jumat (18/12).

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diisi sosialisasi adaptasi kebiasaan baru dan gebyar Germas ini merupakan kolaborasi antara MIKM FK Unud dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. “Saya berharap ke depannya agar kolaborasi seperti ini dapat dilakukan lagi bahkan ditingkatkan kualitasnya,” ujar Wabup Suiasa di acara yang dihadiri anggota DPRD Badung Ida Bagus Sunartha, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr I Nyoman Gunarta, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Dr dr I Dewa Made Sukrama MSi SpMK (K), Koordinator Program Studi MIKM Unud dan Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa.

Kepala Dinas Kesehatan dr I Nyoman Gunarta mengungkapkan, Kolaborasi ini dilatarbelakangi oleh kesepahaman antara Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dengan MIKM Unud.

“Kegiatan yang telah dilakukan salah satunya adalah promosi kesehatan, edukasi melakukan kegiatan yang produktif di lingkungan pura ini. Pertama, ada video tata cara melakukan panglukatan yang aman. Kedua, memberi contoh warung yang sehat. Ketiga adalah kembali ke alam. Jadi kami melaksanakan kegiatan pelepasan ikan, burung, dan lotus,” tuturnya.

Dewa Made Sukrama mengatakan kegiatan ini adalah wujud mahasiswa dan kampus bukanlah mercusuar, yang ada hanya berinovasi di lingkungan kampus tetapi juga inovasi kesehatan masyarakat.

Pada kegiatan ini, pihak penyelenggara menyerahkan sumbangan kepada pengelola pura berupa video promosi kesehatan, burung merpati, ikan, dan bunga teratai. Penyerahan ini juga ditandai dengan aksi simbolis pelepasan burung merpati, ikan, dan penanaman teratai. *asa

Komentar