nusabali

Wishnutama Minta Genjot Wisdom

Potensi Pariwisata Rp300 T

  • www.nusabali.com-wishnutama-minta-genjot-wisdom

JAKARTA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pelaku sektor pariwisata masih memiliki peluang menggenjot wisata domestic (wisdom).

Pasalnya, ia mengungkapkan sekitar 6 juta hingga 7 juta orang Indonesia melancong ke luar negeri tahun lalu. Jutaan orang tersebut menghasilkan 303 juta perjalanan ke luar negeri dengan dampak perekonomian mencapai Rp300 triliun. Dengan pembatasan perjalanan wisata ke luar negeri, ia menilai potensi tersebut sebagai peluang besar pelaku sektor pariwisata dalam negeri.

"Ini adalah opportunity (peluang) yang sebenarnya belum diulik," ujarnya dalam acara Penandatangan Nota Kesepahaman PHRI dan Air Asia, seperti dilansir cnnindonesia.com, Rabu (16/12).

Melihat potensi tersebut, ia meminta pelaku usaha sektor pariwisata tidak putus asa. Meskipun, ia mengakui sektor pariwisata merupakan sektor yang terdampak paling besar dari penyebaran virus corona.

"Ini justru menjadi tantangan kita untuk dapat meng-capture potensi market yang tidak bisa keluar ini. Jadi, jangan putus asa dulu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta sektor aviasi mengubah strategi mereka dari membawa wisatawan ke luar negeri menjadi membawa turis ke dalam negeri. Dengan demikian, devisa negara pun turut bertambah.

Menurutnya, sejumlah negara telah menerapkan strategi serupa seperti Thailand dan Uni Emirat Arab. Lewat strategi itu, kedua negara tersebut berhasil menggenjot sektor pariwisatanya.

"Saya harapkan walaupun sudah melandai covid-19, saya ingin ingatkan teman aviasi agar strategi aviasi kita bukan outbound tapi inbound. Jadi upaya kita ke depan aviasi harus cari potensi dari negara lain untuk bawa ke Indonesia," katanya. *

Komentar