nusabali

Biaya Operasional LPJ di Gianyar Rp 18 M

  • www.nusabali.com-biaya-operasional-lpj-di-gianyar-rp-18-m

GIANYAR, NusaBali
Dishub (Dinas Perhubungan) Gianyar menganggarkan Rp 18 miliar untuk operasional lampu penerangan jalan (LPJ) di 64 desa dan 6 kelurahan di Gianyar.

Biaya operasional LPJ ini mencakup pemeliharaan selama tahun 2021. Kepala Dishub Gianyar I Wayan Suamba membenarkan hal itu. Bahkan saat ini sedang proses input anggaran untuk pembiayaan operasional dan pemeliharaan LPJ tersebut. "Secara umum dari APBD 2021 untuk operasional LPJ sebesar Rp 18 miliar. Ini mencakup LPJ di seluruh Gianyar," bebernya.

Dikatakannya, seluruh LPJ di Kabupaten Gianyar sekitar 6.000 titik termasuk LPJ taman Kota Gianyar. Sedangkan untuk biaya rutin pemeliharaan tercover dengan plot anggaran berbeda. Khusus untuk LPJ di Kota Gianyar, LPJ yang lama atau bekas dicabut dan diganti dengan 320 LPJ yang baru. "Saat ini rekanan sedang mengerjakannya, termasuk memasang instalasinya. Saya yakin sebelum akhir tahun 2021 sluruh pemasangan LPJ sudah tuntas," jelasnya.

Dijelaskan Suamba, instalasi listrik di Alun-alun Gianyar dan depan Pasar Umum Gianyar nanti, kabel listrik akan ditanam. Pemkab Gianyar berkeinginan agar seluruh kabel PLN dan jaringan telepon ditanam sehingga tidak mengganggu pemandangan. "Namun penanaman kabel ini dilaksanakan bertahap. Untuk sementara baru di depan  Alun-alun dan depan Pasar Umum Gianyar saja," tambahnya. *nvi

Komentar