nusabali

Bali United Resmi ke Piala AFC

  • www.nusabali.com-bali-united-resmi-ke-piala-afc

Kami memutuskan Bali United dan Persija Jakarta. Bali United karena juara Liga 1 2019  dan Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019.

JAKARTA, NusaBali
Bali United dan Persija Jakarta resmi menjadi wakil Indonesia pada Piala AFC 2021.  Demikian hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI melalui sarana konferensi video, Rabu (16/12). Rapat selama 1,5 jam dari pukul 15.30-17.00 WITA itu dipimpin Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Kami memutuskan Bali United dan Persija Jakarta. Bali United karena juara Liga 1 2019 dan Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019, sedangkan juara Piala Indonesia, ”kata Mochamad Iriawan, di laman PSSI, Rabu.

Menururnya, baik Bali United dan Persija juga memenuhi persyaratan dan mendapatkan lisensi klub profesional saat proses AFC Club Licensing Cycle 2020. Dia berharap kedua tim tersebut dapat meraih prestasi di Piala AFC 2021.

Selain keputusan soal perwakilan klub Liga 1 di Piala AFC 2021, kata Iriawan, rapat Exco PSSI juga menghasilkan beberapa keputusan terkait hal-hal penting. Diantaranya, penetapan Kongres Tahunan 2021, dan penetapan kuota pemain profesional PON XX Papua 2021.

“Kongres PSSI akan dilaksanakan pada 26-28 Februari 2021. Terkait Kongres PSSI 2021 dilaksanakan secara virtual atau tatap muka langsung kami masih melihat situasi pandemi Covid-19," kata Mochamad Iriawan.

Sedangkan untuk ajang PON XX Papua 2021 ditetapkan, kuota pemain sebanyak 20 pemain. Selain itu, setiap tim maksimal mendaftarkan tiga pemain profesional dan sekaligus dapat dimainkan.

Sementara itu, dikhabarkan Indonesia berpotensi mendapat hibahan jatah ke Liga Champions Asia. Pasalnya, klub Korea Utara tak ada yang lolos verifikasi profesional AFC. Otomatis jatah di Liga Champions Asia (LCA) hangus.

Seharusnya klub Korea Utara. yakni April 25 akan tampil di LCA 2021. Ranking kompetisi Korea Utara melesat ke peringkat ke-14 di Asia dan ke-7 di Zona Timur.

Asosiasi berhak mengirim wakil ke LCA jika kompetisi domestik mereka minimal berada di 12 besar Zona Barat/Zona Timur. Hal itu sudah cukup buat Korea Utara untuk mengirim wakil di LCA.

Adapun syarat klub untuk tampil di kompetisi antar-klub Asia (LCA dan Piala AFC) adalah memegang lisensi klub profesional yang disahkan AFC. Namun tak ada satu pun klub Korea Utara lolos lisensi AFC.

Hal itu memunculkan spekulasi tentang tiket LCA klub Korea Utara akan dihibahkan. Indonesia berharap mendapat durian runtuh. Pasalnya, Indonesia tak mendapat jatah tampil di LCA 2021. Ranking kompetisi Indonesia (Liga 1) terlempar dari 12 besar dan menempati peringkat 13 Zona Timur. Namun Yonhap memprediksi jatah tiket LCA Korea Utara dihibahkan untuk Hong Kong yang rangking 11 Zona Timur. *

Komentar