nusabali

Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Diplot Rp 3,37 M

  • www.nusabali.com-pusat-pelatihan-dan-pemberdayaan-masyarakat-diplot-rp-337-m

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan finalisasi rencana pembangunan Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Gedung yang akan dibangun dengan memanfaatkan lahan TK Hindu Kumara Dewa, di Banjar Siku, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung itu sebagai wadah dalam upaya menciptakan wirausaha baru dan mendukung ekonomi kerakyatan.

“Hari ini kita melakukan finalisasi rencana pembangunan gedung Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pembangunan gedung ini merupakan cita-cita saya dalam upaya menciptakan wirausaha baru dan mendukung ekonomi kerakyatan,” ujar Bupati Suwirta saat meninjau lahan rencana lokasi pembangunan gedung tersebut, Selasa (15/12).

Didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman, Anak Agung Gede Lesmana, Bupati Suwirta mengatakan selama ini sudah banyak warga yang mengikuti pelatihan kerja dan pemberdayaan tapi tidak diwadahi dengan baik.

Setelah kembali mengikuti pelatihan, sebagian malah tidak berbuat apa atau meneruskan ilmu yang diperolehnya.

Ke depan setelah gedung selesai dibangun dan beroperasi, di tempat ini warga akan terus dibina dan dirangkul dan diwadahi dalam koperasi untuk terus membuat produk dan dipasarkan secara bersama -sama. “Nanti desa agar mengirim warganya sebagai peserta pelatihan dan pemberdayaan. Setelah selesai mereka akan dirangkul dan diwadahi untuk terus berproduksi, jika ada yang ingin meneruskan sendiri juga dipersilahkan namun akan terus diawasi dan dibina sehingga benar-benar mampu mandiri hingga berhasil,” kata Bupati Suwirta.

Terkait pemanfaatan lahan TK Hindu Kumara Dewa, bupati berencana akan melakukan penggabungan dengan sekolah TK milik Desa Kamasan dengan menggunakan lahan bekas SDN 4 Kamasan yang telah diregrouping. Gedung ini selanjutnya akan dilakukan perbaikan total dan dijadikan gedung TK Negeri Hindu Kamasan.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya mengatakan pembangunan Gedung Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat akan dimulai pada tahun 2021 dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 3,37 miliar. Selain perkantoran dan ruang rapat, gedung nantinya juga akan dilengkapi dengan showroom dan ruang teori. Lahan yang akan digunakan seluas 570 m2. Ditambah dengan area gedung TK Hindu seluas 1350m2 yang terletak di belakangnya yang akan digunakan sebagai tempat pelatihan. *wan

Komentar