nusabali

Warga Bulian Mengadu ke Polisi

Dana BumDes Diduga Diselewengkan

  • www.nusabali.com-warga-bulian-mengadu-ke-polisi

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah warga Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan, mendatangi Mapolres Buleleng, Selasa (15/12) pagi untuk mengadukan dugaan penyelewengan dana BumDes Gunung Sari Mas di desa setempat.

Penyelewengan dana BumDes tersebut didiga dilakukan oleh salah satu pengurusnya. Salah satu perwakilan warga, yang juga tergabung dalam Tim Pencari Fakta BumDes Gunung Sari Mas, Komang Budiarta mengatakan, pihaknya menduga telah terjadi penyelewengan dana BumDes hingga mencapai Rp 125 juta. Penyelewengan tersebut diduga dilakukan oleh salah satu mantan pengurusnya berinisial WB.

Dugaan penyelewengan dana tersebut diketahui pada Agustus lalu setelah pihaknya melakukan audit keuangan BumDes yang ditugasi oleh Perbekel Desa Bulian, I Made Sudirsa. "Dari hasil audit yang kami lakukan ditemukan dugaan penyelewengan dana dari tahun 2019 hingga 2020 dengan nilai total sebesar Rp 125 juta," ujarnya.

Kata dia, temuan dugaan penyelewengan ini sempat dibahas dalam Musyawarah Desa (Musdes) hingga tiga kali. "Anehnya saat Musdes dilaksanakan, WB bersama pengurus yang lain langsung mengundurkan diri. Tidak ada pertanggungjawaban dan penjelasan dari dia," ujar Komang Budiarta.

Pihaknya pun mencoba melaporkan temuan ini ke Inspektorat Buleleng. Pihak inspektorat juga sempat melakukan audit terhadap dana BumDes. Dari hasil audit versi inspektorat, kata dia, hanya ditemukan adanya kesalahan pencatatan sebesar Rp 75 juta. Dia menyayangkan hasil audit ini hanya disampaikan pihak inspektorat secara pribadi kepada WB.

"Dari hasil audit pihak inspektorat, hanya ditemukan adanya kesalahan pencatatan sebesar Rp 75 juta. Hasil audit BumDes ini pun hanya disampaikan secara pribadi oleh pihak inspektorat kepada WB. Bukan ke masyarakat langsung atau ke Kepala Desa," sesalnya.

Mengingat hasil audit yang didapatkan dari pihaknya dengan pihak inspektorat berbeda, Tim Pencari Fakta BumDes Gunung Sari Mas pun mencoba melapor ke Unit Tipikor Polres Buleleng. Harapannya  agar dilakukan audit kembali untuk memastikan apakah benar terjadi penyelewengan dana BumDes atau tidak.

"Kami selama ini bertanya-tanya apakah benar BumDes kami ini sehat. Setiap tahun para pengurusnya mengklaim ada keuntungan. Namun masyarakat ingin tau berapa sih keuntungan yang didapatkan BumDes selama ini, karena tidak pernah bisa disampaikan oleh para pengurusnya," tandas dia.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan melakukan pendalaman terhadap aduan masyarakat (Dumas) yang dilayangkan warga Desa Bulian ini. "Masih dalam proses penyelidikan, jadi kami masih melakukan konfirmasi dahulu," singkatnya.

Dia menambahkan, polisi pun berencana melakukan audit BumDes Gunung Sari Mas untuk menghitung jumlah kerugian dengan menggandeng pihak ketiga. "Nanti kami lakukan audit terlebih dahulu untuk menghitung jumlah kerugian. Jadi laporan ini masih dalam penyelidikan," tandas Iptu Sumarjaya.*cr75

Komentar