nusabali

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Badung Digelar Hari Ini

  • www.nusabali.com-pleno-rekapitulasi-suara-pilkada-badung-digelar-hari-ini

MANGUPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung akan melaksanakan pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten, Rabu (16/11) hari ini.

Rapat pleno rencananya akan dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan Tuban, Kecamatan Kuta.
“Untuk pleno kita jadwalkan besok (hari ini) dari pukul 10.00 Wita hingga selesai,” ungkap Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Selasa (15/12). Sementara untuk penetapan paslon tergantung apakah ada perselisihan hasil pemilihan atau tidak. Penetapan paslon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilihan paling lama lima hari setelah MK secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) kepada KPU. Hal ini sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020.

Disinggung apakah paritisipasi pemilih sudah di atas 85 persen sesuai target KPU Badung, Kayun sapaan akrabnya, belum berani memastikan. “Belum bisa tahu karena data real masih dalam kotak,” tegas Kayun. Walau demikian, berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan berdasarkan data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap, paslon Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa (Giri-Asa) menang mutlak atas kotak kosong yang jadi ‘lawannya’ dalam Pilkada Badung. Paslon Giri-Asa memperoleh 94,6 persen, sedangkan yang memilih kotak kosong 5,4 persen.

Adapun perolehan suara yang diperoleh Paslon Giri-Asa di masing-masing kecamatan sebagai berikut, di Kecamatan Kuta paslon Giri-Asa memperoleh 22.779 suara, sedangkan kotak kosong 862 suara. Untuk di Kecamatan Mengwi paslon Giri-Asa memperoleh 85.543 suara, sedangkan kotak kosong memperoleh 3.760 suara. Selanjutnya di Kecamatan Abiansemal paslon Giri-Asa memperoleh 64.351 suara, sedangkan kotak kosong 2.898 suara.

Kemudian di Kecamatan Petang paslon Giri-Asa memperoleh 21.921 suara, sedangkan kotak kosong 731 suara. Di Kecamatan Kuta Selatan paslon Giri-Asa memperoleh 46.224 suara, sedangkan kotak kosong 4.500 suara. Dan di Kecamatan Kuta Utara paslon Giri-Asa memperoleh 44.375 suara, sedangkan kotak kosong 3.413 suara.

Disinggung apakah hasil pleno KPU Badung bisa berbeda dengan data melalui Sirekap, pria asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, hanya menjawab normatif. “Seharusnya sih sama. Kecuali ada perbaikan data yang dilakukan secara berjenjang pada saat pleno di kecamatan,” tandasnya. *asa

loading...

Komentar