nusabali

Akses Jalan Desa Sebatu Tertutup Longsor

  • www.nusabali.com-akses-jalan-desa-sebatu-tertutup-longsor

GIANYAR, NusaBali
Tanah setinggi 20 meter di Jalan Raya Bonjaka, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar longsor, Selasa (15/12) pagi.

Tanah longsor tersebut diperkirakan terjadi akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah tersebut. Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ngakan Dharma Jati mengkonfirmasi peristiwa tersebut. Material longsoran yang menimpa badan jalan tersebut menyebabkan akses jalan di Jalan Raya Bonjaka sempat terputus.

"Tanah longsor tersebut dengan tinggi 20 meter dan ketebalan 1 meter longsor menutup akses jalan Raya Bonjaka, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang Gianyar," ujarnya.

Pihaknya mengatakan bahwa telah mengerahkan anggota ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan pembersihan, "Kami sudah menurunkan beberapa personel dari BPBD Gianyar dengan dibantu oleh Damkar untuk melakukan pembersihan terhadap material yang menutupi akses jalan," katanya.

Alhasil peristiwa longsor yang terjadi pada pukul 09.00 bisa dibersihkan dalam tempo kurang satu jam. Beruntungnya,  tidak terjadi korban jiwa akibat peristiwa tersebut, "Beruntung waktu kejadian tidak ada kendaraan yang lewat dan tidak mengakibatkan adanya korban jiwa atau luka," ucapnya.

Ngakan Dharma Jati mengingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati saat melewati jalanan yang dianggap rawan terjadinya longsor, "Di setiap jalan biasanya ada plang yang berisi seruan rawan longsor, itu agar dapat diperhatikan ketika memasuki musim penghujan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," jelasnya. *nvi

Komentar