nusabali

PKK Pungut Sampah Plastik di Rumah Warga

  • www.nusabali.com-pkk-pungut-sampah-plastik-di-rumah-warga

GIANYAR, NusaBali
PKK Banjar Paneca, Desa Melinggih Kelod, Kecamatan Payangan, Gianyar, patut diacungi jempol.

PKK ini kini mengajak semua komponen masyarakat setempat untuk menjaga lingkungan  dengan memungut sampah plastik di rumah-rumah warga.

Harapannya, Banjar Paneca dengan 215 kepala keluarga (KK) tersebut bebas dari sampah plastik.  Sekdis DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Gianyar I Wayan Sudiana, Senin (14/12), mengatakan PKK Banjar Paneca merupakan salah satu contoh dari sejumlah PKK yang makin tergerak untuk menjaga lingkungan. Pada 12 Desember lalu, PKK Paneca bersama Kader Posyandu dan Kader Jumantik memungut sampah ke rumah-rumah warga.

"Seluruh kegiatan itu diberi tema Kedasih (kedas lan asih), kedas dalam artian setiap lingkungan kita harus selalu kedas atau bersih. Asih artinya, kita harus selalu peduli dan sayang terhadap lingkungan dan bersih dari sampah plastik," ujarnya.

Sudiana yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengatakan, sampah yang terkumpul dari kegiatan ini mencapai 1 ton. Sebelumnya, sampah-sampah rumah tangga ini dibuang oleh warga di lahan belakang rumahnya. "Sebelum aksi ini, sampah di  banjar ini banyak mungkin karena masyarakat belum sadar tentang kebersihan lingkungan. Melalui kegiatan ini kami berikan pemahaman pada masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarangan," ujarnya.

Kata Sudiana, DLH akan terus mengedukasi masyarakat setempat supaya memilah sampah. Dengan pemilahan itu, masyarakat juga agar terbiasa mengolah sampahnya dari hulu atau rumah tangga. "Boleh dibilang, sekarang Banjar Paneca bersih dari sampah plastik. Ke depannya kita harapkan tidak ada sampah plastik lagi," harapnya.

Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra berharap gerakan PKK Paneca bisa dicontoh oleh PKK lainnya di Kabupaten Gianyar. Mengingat saat ini Gianyar tengah melakukan pelbagai pembenahan secara masif yang bermuara pada kesehatan lingkungan. Karena itu, peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan sangat dibutuhkan.m "Menciptakan Gianyar bersih, indah dan nyaman tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Masyarakat juga memiliki peran sentral dalam mewujudkan hal ini," ujar mantan Kepala DLH yang kini Sekretaris DPRD Gianyar ini. *nvi

Komentar