nusabali

17 Ribu Pelanggan Kena Dampak

IPA Belusung Alami Gangguan Produksi Air Bersih

  • www.nusabali.com-17-ribu-pelanggan-kena-dampak

Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mangutama yang terdampak langsung yakni di wilayah Desa Dalung, Desa Canggu, dan Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara.

MANGUPURA, NusaBali
Pasokan air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung mengalami gangguan. Hal ini disebabkan adanya gangguan produksi di IPA Belusung, Denpasar. Akibat hal tersebut belasan ribu pelanggan terkena dampak.

Sebagian pelanggan yang terkena dampak langsung yakni yang berada di wilayah Desa Dalung, Desa Canggu, dan Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara. Atas ketidaknyamanan ini pihak Perumda Air Minum Tirta Mangutama telah menyampaikan permakluman kepada seluruh pelanggan.

Dirut Perumda Tirta Mangutama Kabupaten Badung I Ketut Golak, mengatakan gangguan pelayanan ini akibat adanya gangguan produksi IPA Belusung, Denpasar. “Jadi penyebabnya adanya kekeruhan air baku Tukad Ayung yang mencapai 10.000 NTU (Nephelometric Turbidity Unit atau tingkat kekeruhan air, Red),” kata Golak, Senin (14/12).

Lantaran air keruh, maka untuk sementara produksi terpaksa dihentikan. Pihak perusahaan plat merah itu mengumumkan gangguan pasokan air bersih kepada pelanggan terjadi dari Senin (14/12) kemarin hingga Selasa (15/12) hari ini.

Disinggung berapa jumlah pelanggan yang terkena dampak langsung, mantan Dirut PD Pasar itu mengungkapkan sekitar 17 ribu pelanggan. “Manajemen mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucap pria asal Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi, itu.

Sebagai kompensasi atas gangguan pasokan air bersih tersebut, Perumda Air Minum Tirta Mangutama menyiapkan mobil tangki bagi pelanggan yang membutuhkan air bersih. Total mobil tangki yang dipersiapkan sebanyak empat unit, untuk memasok air bersih kepada pelanggan yang membutuhkan.

Masyarakat yang memerlukan air bersih tinggal menghubungi Perumda Air Minum Tirta Mangutama. Petugas kemudian akan mengantar langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Pasokan air dari mobil tangki ini dibagikan secara gratis. *asa

Komentar