nusabali

Percantik Median Jalan, Dinas LHK Tanam Bunga dan Pohon Perindang

  • www.nusabali.com-percantik-median-jalan-dinas-lhk-tanam-bunga-dan-pohon-perindang

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung menata median Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta, Kecamatan Kuta.

Penataan median jalan sepanjang sekitar 7 kilometer itu dengan menanam bunga serta pohon perindang. Kepala Dinas LHK Badung I Wayan Puja menerangkan penataan median jalan dilakukan dari Bundaran Patung Ngurah Rai, Kuta (pintu keluar Tol Bali Mandara) hingga jembatan sebelum traffic light (TL) McDonald, Jimbaran, Kuta Selatan. Panjang pengerjaan itu diperkirakan mencapai 7 km. Meski demikian, pengerjaan dilakukan secara bertahap. “Tujuan penataan median jalan ini untuk mempercantik kawasan. Soalnya, banyak celah antara bunga serta pohon perindang yang ada,” kata Wayan Puja, Senin (14/12) siang.

Penataan median jalan itu sudah dilakukan sejak akhir November lalu, dan ditarget tuntas pada akhir Desember ini. Untuk penataan, akan ditanam tanaman menjuntai seperti lee kwan yu dan asoka cengkeh serta pohon perindang lainnya. Menurut Wayan Puja, dipilihnya tanaman tersebut karena lebih gampang dirawat dan mudah diatur. “Tanaman ini tidak terlalu susah dirawat. Tanaman juga tahan panas dan kami bisa berkreasi dengan mengubah bentuk tanaman tersebut. Sehingga sangat cocok untuk ditanam di median jalan,” beber Wayan Puja.

Menurut Wayan Puja, seluruh median jalan di Kuta dan Kuta Selatan akan terus ditata. “Yang kami prioritaskan saat ini khusus di rute Bypass Ngurah Rai. Karena kondisinya saat ini sangat tidak elok, ada banyak sekali kekosongan tanaman atau pohon perindang di median jalan itu,” kata Wayan Puja. *dar

Komentar