nusabali

Hari Ini, Srikandi PDIP Dilantik Gantikan Gede Dana

  • www.nusabali.com-hari-ini-srikandi-pdip-dilantik-gantikan-gede-dana

Dewi Wahyuni dilantik sebagai anggota DPRD Karangasem berstatus PAW menggantikan I Gede Dana yang maju jadi Calon Bupati di Pilkada Karangasem 2020.

AMLAPURA, NusaBali
Srikandi PDIP asal Dapil Karangasem VI (Kecamatan Abang), Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni SE, 39, diagendakan dilantik jadi anggota DPRD Karangasem berstatus pengganti antar waktu (PAW) di Ruang Rapat DPRD Karangasem Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (14/12) hari ini.

Dewi Wahyuni menggantikan I Gede Dana karena maju jadi Calon Bupati Karangasem berpasangan dengan Calon Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa di Pilkada Karangasem 2020 dengan diusung PDIP bersama Hanura. Dewi Wahyuni duduki kursi DPRD Karangasem periode 2019-2024 dengan modal 1.975 suara di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Kepastian pelantikan PAW ini diungkapkan Plt Ketua DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi, di Amlapura, Minggu (13/12). Disebutkan Nengah Sumardi, awalnya DPRD Karangasem menggelar rapat melalui Badan Musyawarah DPRD menyusun agenda Desember 2020 per Senin (30/11), termasuk di dalamnya membahas agenda acara pelantikan PAW. Rapat itu juga menindaklanjuti Surat Bupati Nomor 188.342/2149/HK/Setda. "Maka pelantikan PAW, diagendakan Senin (14/12)," ujar Nengah Sumardi.

Sri Dewi dilantik setelah memenuhi syarat administrasi mulai dari rekomendasi DPC PDIP Karangasem, KPU Karangasem dan Gubernur Bali. Dewi Wahyuni membukukan 1.975 suara merupakan peraih suara keempat di Dapil VI Kecamatan Abang setelah I Wayan Geden dengan 4.873 suara, I Gede Dana dengan 4.474 suara, I Ketut Suardana dengan 2.002 suara, yang sebelumnya telah melenggang meraih kursi DPRD Karangasem. Sedangkan di bawah Sri Dewi, ada I Nyoman Subaga ST dengan 1.865 suara, Ni Luh Putu Nonik Prima Swari dengan 63 suara dan Ni Putu Udiani dengan 59 suara.

Saat penghitungan suara di Pileg 2019, Dewi Wahyuni gagal lolos, yang lolos hanya tiga kader PDIP dari Dapil VI Kecamatan Abang, yakni I Wayan Geden, I Gede Dana dan I Ketut Suardana masa bhakti 2019-2024. Setelah I Gede Dana mundur dari keanggotaan dan Ketua DPRD Karangasem untuk maju Calon Bupati Karangasem, maka otomatis peluang Sri Dewi jadi anggota DPRD Karangasem masa bhakti 2020-2024 terbuka lebar.

"Selama ini saya tidak tahu mengenai administrasi jadi anggota DPRD, semuanya diurus partai," jelas Wakil Sekretaris DPC PDIP Karangasem asal Banjar Baturinggit Kelod, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem yang menikah ke Banjar Merita, Desa Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem ini.

Sebelumnya Dewi Wahyuni mengakui Pileg 2019 merupakan event politik pertama yang diikutinya dengan maju tarung sebagai caleg. Dia banyak menggaet pemilih dari kegiatan sosialnya sejak lama di mana sering mendampingi suami yang seorang dokter, dr Made Sukana, bersama-sama turun ke lapangan membantu masyarakat yang memerlukan pengobatan.

Dewi Wahyuni awalnya terjun ke politik dengan menjadi simpatisan PDIP, yakni bergabung organisasi sayap Taruna Merah Putih. Dia langsung dipercaya menjadi Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPD Taruna Merah Putih Bali 2012-2016. Selanjutnya, Dewi Wahyuni dipercaya menjadi Wakil Sekretaris DPC PDIP Karangasem sejak tahun 2016 hingga sekarang. *k16

Komentar