nusabali

Paslon Sadia-Bisa Nyatakan Unggul di Tiga Kecamatan

KPU Bangli Baru Selesaikan Rekap Suara di 2 Kecamatan

  • www.nusabali.com-paslon-sadia-bisa-nyatakan-unggul-di-tiga-kecamatan

BANGLI, NusaBali
Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati (cabup-cawabup) Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Sadia-Bisa) unggul di tiga dari empat kecamatan di Bangli, yakni Kecamatan Bangli, Susut dan Tembuku.

Sedangkan untuk di Kecamatan Kintamani hanya selisih sekitar 1.000 suara dari Paslon I Made Subrata-Ngakan Made Kutha Parwata (Bagus).  Paslon Sadia-Bisa mampu menguasai suara di desa-desa yang memiliki jumlah pemilih besar. Seperti di wilayah Batur dan Songan yang menjadi rebutan bagi paslon. Terjadi pertarungan sengit di wilayah Kintamani. Berdasarkan real count PDIP, perolehan suara paslon Sadia-Bisa dan Bagus selisihnya 1.000 suara saja. Paslon Bagus peroleh 31.665 dan Paslon Sadia-Bisa memperoleh 30.558 suara.

Cabup Sang Nyoman Sedana Arta mengakui perolehan suara di Kintamani sangat ketat. Pihaknya mengklaim unggul di desa-desa besar, baik itu wilayah Batur, Songan maupun Sukawana. "Diakumulasi pemilih di wilayah Batur, Songan kami bisa unggul," ungkap Sedana Arta, Minggu (13/12).

Paslon Sadia-Bisa unggul di wilayah Songan dengan perolehan suara Paslon Bagus sebanyak 4.392 suara dan Paslon Sadia-Bisa raih 4.959 suara. Wilayah Batur Paslon Bagus raih 2.801 suara dan Paslon Sadia-Bisa raup 3.108 suara. Sedangkan Desa Sukawana Paslon Bagus 1.204 suara dan Paslon Sadia-Bisa sebanyak 1.704 suara.

Menurut Sedana Arta capai ini tidak lepas dari kerja keras partai pengusung, partai pendukung maupun relawan. "Hasil kerja keras bersama. Bahkan relawan door to door untuk menggalang dukungan," ujar Ketua DPC PDIP Bangli ini. Jika dilihat per dapil, yakni dapil Kintamani Timur dan Kintamani Barat, Paslon Sadia Bisa menang di wilayah Kintamani Timur. Seperti diketahui dalam Pilkada Bangli ini ada dua tokoh dari Kintamani yang maju, yakni I Made Subrata asal Desa Bunutin dan Wayan Diar asal Desa Belantih.

Sementara di beberapa desa, perolehan suara hampir terbagi rata seperti di Desa Pinggan, Kintamani. Paslon Bagus dan Paslon Sadia-Bisa hanya selisih satu suara. Paslon Bagus dengan 579 suara dan Paslon Sadia-Bisa dengan 580 suara. Selain itu di Desa Bayung Gede suara yang diraih kedua Paslon sama, yakni 735 suara.

Berdasarkan data real count PDIP, raihan suara di Kecamatan Tembuku, yakni Paslon Bagus 11.648 suara, Paslon Sadia-Bisa sebanyak 15.081 suara. Kecamatan Bangli, Paslon Bagus raup 12.553 suara dan Paslon Sadia-Bisa sebanyak 21.205 suara. Kecamatan Susut, Paslon Bagus memperoleh 8.595 suara dan Paslon Sadia-Bisa sebanyak 21.864 suara.

Terpisah Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan mengatakan untuk pelaksanaan pleno di kecamatan masih berlangsung. Baru dua kecamatan yang tuntas, yakni Kecamatan Susut dan Tembuku. "Sudah tuntas dua kecamatan, yakni Susut dan Tembuku. Sedangkan untuk Kecamatan Bangli tinggal satu desa. Hari ini (Minggu) ditarget tuntas," ungkapnya.

Untuk kecamatan Kintamani masih ada 18 desa lagi. Pihaknya pun menarget bisa tuntas pada Selasa (15/12) mendatang. "Kintamani masih 18 desa lagi, diupayakan Selasa nanti selesai," ujarnya. Berikutnya, hasil pleno Kecamatan Susut, suara Paslon Bagus sebanyak 8.595 dan Paslon Sadia-Bisa 21.858 suara. Kecamatan Tembuku suara Paslon Bagus sebanyak 11.634 suara, Paslon Sadia-Bisa sebanyak 14.882 suara. *esa

loading...

Komentar