nusabali

Sedana Arta Pastikan Rombak Pimpinan OPD Pemkab Bangli

  • www.nusabali.com-sedana-arta-pastikan-rombak-pimpinan-opd-pemkab-bangli

BANGLI, NusaBali
Calon Bupati Bangli 2021-2026 terpilih hasil Pilkada 2020, Sang Nyoman Sedana Arta, pastikan akan ada perombakan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Bangli setelah dirinya menjabat nanti.

Pejabat yang tidak sesuai bidang keilmuan atau kompetensinya, bakal tergeser ke posisi yang pas. Sedana Arta menyebutkan, perombakan pimpinan OPD lingkup Pemkab Bangli ini merupakan bagian dari konsep ‘Bangli Era Baru’ yang diusung pasangan Sedana Arta-I Wayan Diar, Cabup-Cawabup Bangli yang diusung PDIP bersama Demokrat-Gerindra-Hanura-PKPI. Sedana Arta ingin semangat baru dan suasana baru dalam pemerintahannya nanti.

"Untuk pejabat tingginya (Eselon II, Eselon III Red), nanti harus ada semangat baru," jelas Sedana Arta di Bangli, Minggu (13/12). “Kami inhin semangat baru dalam pembangunan Bangli ke depan. Bukan hanya pembangunan fisik, tetapi juga semangat baru dalam tata kelola pemerintahan,” lanjut politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini.

Menurut Sedana Arta, untuk dapat menjalankan program pemerintahan, mesti di0dukung dengan SDM yang memadai. Maka, penenpatan SDM tentunya harus disesuaikan dengan bidang keilmuanya.

Selama ini, Sedana Arta melihat di lapangan adanya kekurangkesesuaian antara bidang dengan tupoksinya. "Jadi, nanti yang fungsional kembali ke fungsional. Contoh, perawat ya ditempatkan sesuai bidangnya," tandas Sedana Arta yang sudah dua kali periode menjabat Wakil Bupati Bangli (2010-2015, 2016-2021).

Sedana Arta menegaskan, dalam pengisian jabatan tentunya harus perpedoman pada aturan. Sedana Arta pun memastikan proses akan dilakukan dengan profesionalitas. "Tentunya kami berjalan sesuai aturan," katanya seraya berharap semangat ‘Bangli Era Baru’ terus digelorakan.

Disinggung soal Kepala OPD (setingkat Kadis, Kaban, Asisten, Staf Ahli Bupati) yang bakal digeser, menurut Sedana Arta, pihaknya tidak menunjuk nama. Yang jelas, pergeseran juga mengacu hasil evaluasi yang akan dilakukan.

Sedana Arta sendiri akan berupaya meningkatkan kesejahteraan ASN di lingkungan Pemkab Bangli. Bagaimana bentuk kesejahteraan bagi ASN tersebut, tentunya akan dikomunikasikan dengan Sekda Kabupaten Bangli selaku pimpinan birokrasi. "Kita mulai dari yang kecil, seperti memberikan seragam bagi ASN. Saat ini, seragam olahraga bagi ASN saja tidak ada," sindir mantan anggota Fraksi PDIP DPRD Bali 2009-2010 Dapil Bangli ini.

Sementara itu, yang menjadi target dalam 100 Hari Kepemimpina Sedana Arta-Diar adalah menata kota Bangli. Penataan akan dilakukan di titik-titik yang menjadi langganan banjir. "Jadi, di awal akan kami mulai dengan penataan kota. Untuk pembangunan Bangli tentu perlu dukungan seluruh pihak. Makanya, kita menyatukan semangat untuk Bangli yang lebih maju," katanya.

Sedana Arta akan memimpin Bangli berduet dengan Wayan Diar, tandemnya di posisi Waklil Bupati. Wayan Diar adalah politisi asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani, Bangli yang juga Sekretaris DPC PDIP Bangli. Sebelum maju tarung jadi Cawabup Bangli di Pilkada 2020, Wayan Diar menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Bangli 2019-2020.

Dalam Pilkada Bangli, 9 Desember 2020, Sedana Arta-Wayan Diar tarung head to head melawan pasangan I Made Subrata-Ngakan Made Kutha Parwata, Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem. Berdasarkan perhitungan tingkat PPK, Sedana Arta-Wayan Diar unggul dengan 88.698 suara atau 57,79 persen. Mereka unggul di 3 dari 4 kecamatran, yakni Kecamatan Suysut, Kecamatan Bangli, dan Kecamatan Tembuku. Sedangkan Subrata-Kutha Parwata meraih 64.461 suara atau 42,21 persen, karena hanya unggul di Kecamatan Kintamani. *esa

loading...

Komentar