nusabali

Jalan Sutomo Jorok, Sampah Menumpuk di Trotoar

  • www.nusabali.com-jalan-sutomo-jorok-sampah-menumpuk-di-trotoar

DENPASAR, NusaBali
Berada di kawasan heritage, namun ada pemandangan tak sedap di Jalan Sutomo, Denpasar Utara.

Setumpuk sampah menghias trotoar sejak lebih setahun silam. “Dulu ada disediakan bak sampah. Tapi sudah dua tahun tidak ada,” ujar Jero Soka, 58, salah satu warga yang ditemui di lokasi, Jumat (11/12).

Alhasil setiap sore sekitar pukul 17.00 Wita selalu saja ada yang membuang sampah di trotoar. Diakui oleh Jero Soka warga  memilih membuang sampah di trotoar sejak dua tahun lalu. Sebab, tidak ada tempat pembuangan sampah disediakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar.

Sampah pun beterbangan ketika ada pemulung yang mencari rongsokan dan membuka pembungkus plastik sampahnya. Namun diakui setiap pagi petugas selalu dating mengangkut sampah. " Kalau tidak di sini, buangnya di mana lagi. Bau sih iya pasti, apalagi saat angin kencang sampah berserakan di jalan," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa mengungkapkan pihaknya selama inj memang sudah tidak menyediakan tong sampah. Tetapi memanfaatkan secara maksimal swakelola di masing-masing banjar. Tetapi untuk Banjar Gerenceng diakui swakelola sampahnya tidak optimal sehingga masyarakat membuang sampah di trotoar. "Kami sudah melakukan  koordinasi terkait hal tersebut dan juga akan melakukan sidak bersama Desa setempat (Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara)," ungkapnya. *mis

Komentar