nusabali

Bus Trans Metro Dewata Resmi Melayani Tabanan

  • www.nusabali.com-bus-trans-metro-dewata-resmi-melayani-tabanan

TABANAN, NusaBali
Teman (Transportasi, Ekonomis, Mudah, Andalan dan Nyaman) Bus Trans Metro Dewata mulai melayani rute penumpang dari Tabanan menuju sentra parkir Kuta, Badung.

Layanan rute bus medium berkapasitas 40 orang ini resmi dilauncing di Terminal Persiapan, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Jumat (13/12).

Ada 31 bus koridor 1 yang akan melayani trayek dari Tabanan. Dari jumlah tersebut 28 unit yang beroperasi dan 3 unit cadangan. Bahkan sebagai uji coba, sampai 31 Desember 2020, penumpang yang naik bus ini gratis. Pembayaran Bus Trans Metro Dewata dirancang menggunakan e-many.

Launching rute bus dari Tabanan ini langsung dilakukan Sekda Tabanan I Gede Susila, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Gusti Ngurah Dharma Utama, Dandim Tabanan Let Inf Sri Hartanto, Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Ni Putu Wila Indrayani, Kepala Bapelitbang Ida Bagus Wiratmaja, dan Kabag Humas dan Protocol Setda Tabanan I Ketut Ridia.

Sekda Gede Susila mengatakan untuk operasi bus  ini dari Tabananke Kuta, ada enam titik halte yang disiapkan di Tabanan. Seluruhnya berada di seputaran Bypass Ir Soekarno. Halte parkirnya ada di Terminal Pesiapan. "Rute bus ini belum sampai ke Kecamatan Pupuan, kemungkinan ini bertahap. Nanti akan kami usulkan," ujarnya.

Menurutnya Teman Bus diluncurkan untuk bisa melayani masyarakat secara luas, mengurangi pemborosan BBM, kemacetan, mengurangi angka kecelakaan, dampak lingkungan dan lainnya. "Saya berharap Bus Trans Metro Dewata dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mempermudah bertransportasi," jelasnya.

Ditambahkan Kadis Perhubungan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama, rencana lokasi halte bus ini di jalan Bypass Ir Soekarno, sudah ditandai dengan rambu. Bangunan halte disiapkan tahun 2021. "Halte bus ini portable bisa pindah-pindah," ujarnya.

Dijelaskan, maksimal penumpang bus ini 40 orang. Karena masih pandemi Covid-19, maksimal terisi 12 orang. "Sampai tanggal 31 Desember layanan ini bersifat gratis, untuk bulan berikutnya masih menunggu arahan," tegas Darma Utama.

Bus ini melayani dari pukul 06.00 - 21.00 Wita. Setiap 10-15 menit akan ada bus yang lain. Bahkan untuk bisa memantau kedatangan bus dan mengetahui rute layanan bisa lihat di aplikasi Teman Bus. Mantan Camat Selemadeg Timur ini memaparkan bus dilengkapi CCTV, da protokol kesehatan Covid-19. Ada tempat duduk khusus penyandang disabilitas, ibu hamil dan anak-anak. Bus dilengkapi pegangan. "Saya harapkan masyarakat Tabanan khususnya bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah," tandasnya.*des

Komentar