nusabali

Hidroponik KK Miskin Buahkan Hasil

  • www.nusabali.com-hidroponik-kk-miskin-buahkan-hasil

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memanen perdana sayur Pakcoy (sawi sendok) hasil bantuan hidroponik masuk keluarga miskin, di rumah Wayan Merta,36, di Dusun Takedan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Kamis (10/12) pagi.

Panen ini dihadiri Kapala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida, Camat Klungkung Ketut Ari Gunawan, dan intansi terkait.

100 bantuan hidroponik tersebut, keseluruhan membuahkan hasil. Bupati Suwirta berharap hasil panen sayur hidroponik untuk KK miskin ini bisa memenuhi kebutuhan pangan setiap hari. Dengan kualitas hasil cukup baik, produk ini selain untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarga, bisa juga dijual ke tetangga. "Sehingga mendapatkan hasil dari penjualan sayur," ujar bupati.

Bupati Suwirta berharap hasil panen sayur ini juga bisa dikembangkan untuk menambah lahan sehingga menghasilkan lebih banyak. Karena dari hasil yang dipanen, masih kurang dari hasil maksimal. Kata Bupati, hasil ini mengajarkan bagaimana warga bisa menghargai usaha dari kecil. ‘’Karena tidak ada sesuatu yang langsung menjadi besar. Inilah konsep memberikan kail bukan ikan, tetap bersemangat untuk menanam. Hargai yang kecil, suatu saat yang besar pun akan didapat,” ucapnya.

Kapala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan, dari 100 bantuan hidroponik yang disalurkan, semuanya membuahkan hasil. Dengan lahan berdiameter 1 meter x 3 meter diisi 60 lubang tanam. ‘’Sayur hidroponik milik Wayan Merta menghasilkan sayur 14 kg," ujar Juanida.

Penerima bantuan hidroponik, Wayan Merta mengucapkan terimakasih, atas bantuan yang diberikan Pemkab Klungkung. Dia mengaku akan lebih serius menekunin sayur hidroponik ini untuk menambah penghasilan keluarga.*wan

Komentar