nusabali

Gara-gara Semut Bersarang, Timer LPJ Rusak

  • www.nusabali.com-gara-gara-semut-bersarang-timer-lpj-rusak

AMLAPURA, NusaBali
Sejumlah lampu penerangan jalan (LPJ) di Kabupaten Karangasem rusak. Timer LPJ paling sering rusak gara-gara semut bersarang memicu korsleting.

Cuaca juga berpengaruh terhadap kerusakan bola lampu. Petugas telah mengganti bola lampu LPJ di delapan titik.  

Kadis Perhubungan Karangasem, Ida Bagus Suastika, mengatakan penyebab kerusakan LPJ selain cuaca, karena sudah waktunya bola lampu diganti. Kerusakan sering terjadi di bagian timer karena semut sering bersarang menyebabkan korsleting. Warga diminta segera melaporkan jika melihat LPJ mati. Puluhan bola lampu diganti di 8 titik LPJ. Pengertian satu titik itu merupakan satu panel, satu panel bisa menghubungkan beberapa lampu. “Selain pemeliharaan rutin, juga melakukan perbaikan karena cuaca buruk yang menyebabkan LPJ rusak,” ungkap Ida Bagus Suastika, Rabu (9/12).

Misalnya ada LPJ mati di pertigaan Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, disusul pertigaan di Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, dan sebagainya. “Material selalu tersedia. Jika memerlukan pergantian bola lampu, langsung dilakukan pemasangan,” katanya. Beda dengan kerusakan pada PJUTS (penerangan jalan umum tenaga surya), lebih sering dilakukan pergantian lampu led, lampu mercuri, baterai deep cucle, baterai control unit auto on/off, box power, solar bracket, dan lainnya. “PJUTS tidak membebani masyarakat untuk bayar strum. Beda dengan LPJ, biaya strum dibayar masyarakat melalui pajak penerangan jalan,” jelas Ida Bagus Suastika. *k16

loading...

Komentar